Pasien Positif Cacar Monyet di Batam Berangsur Pulih

Putraindonews.com – Batam | Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan bahwa pasien positif cacar monyet atau mpox di Batam berangsur pulih.

“Jadi sudah diobati dan sudah mulai membaik. Cacar yang ada di pasien saat ini sudah mulai mengering, dibandingkan pada saat pertama kali diketahui sekitar sepekan lalu, cacarnya masih basah dan mengeluarkan cairan seperti nanah,” ujar Didi di Batam Kepulauan Riau dikutip dari Antara, Selasa (14/11/23).

Ia menyebutkan, diketahui satu kasus positif cacar monyet di Batam dari laporan puskesmas setempat yang melaporkan bahwa ada pasien yang mengalami gejala mirip dengan gejala cacar monyet.

BACA JUGA :   Sedimentasi Jadi Penyebab Banjir Bandang di Wilayah Sumbawa

“Setelah ada laporan itu, kemudian BTKL (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan) Batam mengambil sampel pasien dan mengirimkan ke Badan Litbangkes (Penelitian dan Pengembangan Kesehatan) Jakarta. Hasilnya sudah keluar dan terkonfirmasi positif,” kata dia.

Pasien di Batam itu masih berumur 23 tahun. Biasanya kasus cacar monyet ini dibarengi dengan kasus HIV, namun untuk kasus di Batam tidak ada.

“Kalau melihat tren di Jakarta, itu dikarenakan hasil hubungan badan. Artinya, di sana itu banyak terjadi karena hubungan seks baik sesama jenis dan tidak sesama jenis serta mereka juga banyak yang positif HIV. Untuk kasus yang di Batam setelah kami telusuri, HIV-nya negatif,” katanya.

BACA JUGA :   Torehkan Prestasi, Danrem 031/Wirabima Apresiasi Prajurit Yonif 132/BS

Saat ini, kata Didi, pasien sudah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah dan diletakkan di ruang isolasi guna menjalani perawatan lanjutan.

“Untuk perawatannya sendiri, karena dia menular lewat kontak fisik, jadi kami masukkan ke ruang isolasi,” ujarnya. Red/Abi

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!