Pemda Natuna Jalin Kolaborasi Perikanan dengan Pekalongan

Putraindonews.com – Natuna | Pemerintah daerah Kabupaten (Pemda) Natuna, Kepulauan Riau, menjalin kolaborasi di sektor perikanan dengan Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Hal itu tak lain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di bidang perikanan.

Bupati Natuna Wan Siswandi di Natuna, Jumat, mengatakan Dinas Perikanan Natuna telah melakukan kunjungan untuk mempelajari cara Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan memanfaatkan potensi perikanan.

Kota Pekalongan telah sukses mengelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI) menjadi salah satu sumber PAD.

“Kita ada peluang untuk meningkatkan PAD dari sektor perikanan. di Selat Lampa kita bisa membuat pelelangan ikan yang nantinya dari situ kita dapatkan retribusinya,” ujar wan, Kamis (26/10/23).

BACA JUGA :   Kominfo Gelar Webinar "Membuat Konten Positif Taat Regulasi di Sosial Media"

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Natuna Hadi Suryanto mengatakan saat ini Kota Pekalongan telah mengirimkan dua orang tenaga ahli bidang pelelangan ikan untuk mengajarkan kepada pegawai di Dinas Perikanan Natuna.

“Kami sudah ke Oekalongan untuk mengadopsi kebijakan, pelaporan hingga kegiatan pelelangan. Sekarang mereka (tenaga ahli) ada di sini untuk mengajarkan cara melakukan pelelangan,” ucapnya.

Ia menjelaskan peluang Natuna meningkatkan PAD dari sektor perikanan sangatlah besar karena Natuna memiliki sumber daya perikanan yang banyak.

BACA JUGA :   Peringati Pekan Perlindungan Konsumen Nasional, BPKN Raih Rekor MURI

Terlebih lagi kata dia, aturan penangkapan terukur menunjuk Natuna sebagai salah satu lokasi pendaratan ikan hasil tangkapan para nelayan yang melakukan penangkapan di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 711.

“Target kami kapal yang sudah beroperasi di WPP 711 yang nantinya masuk ke Natuna,” ujar dia.

Ia menjelaskan nantinya pelelangan ikan dilakukan di Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) Selat Lampa. Red/JH

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!