Pemerintah Optimalkan Pelabuhan Selat Lampa dan Dumai

Putraindonews.com – Pemerintah RI melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rencana mengoptimalkan dua pelabuhan yakni Pelabuhan Dumai, Riau dan Pelabuhan Selat Lampa, Kepulauan Riau (Kepri) agar fungsi dua pelabuhan itu lebih maksimal.

Menhub Budi Karya Sumadi belum lama ini mengunjungi dua pelabuhan tersebut pada Kamis (8/2/24).

Menhub melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (9/2) menyebut potensi Pelabuhan Dumai sangat besar, namun belum dimaksimalkan.

Untuk itu, Menhub telah memerintahkan PT Pelindo (Persero) segera mengembangkan pelabuhan agar fungsi pelabuhan tersebut dapat maksimal.

Ia memberikan contoh bagaimana pergerakan orang dari Dumai menuju Malaysia dan sebaliknya ternyata cukup banyak. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah peluang.

BACA JUGA :   Ketersediaan Energi, SPBU Modular Dioperasikan di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023

“Di Dumai, saya melihat potensinya besar, namun fungsi pelabuhan belum maksimal. Pergerakan orang dari dan ke Malaysia cukup banyak, maka pelabuhan Dumai ini akan dimaksimalkan. Kami rencanakan pelabuhan yang cantik dan akan diselesaikan dalam waktu dekat,” katanya.

Untuk Pelabuhan Dumai, dua pengembangan utama yang akan dilakukan adalah pengerukan kolam bandar dan pengembangan terminal penumpang.

Usai dari Pelabuhan Dumai, Menhub bertolak ke Pelabuhan Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepri. Sejumlah pembangunan yang akan dilakukan di pelabuhan tersebut, yakni pembangunan terminal dan lahan container.

BACA JUGA :   Simpan Impian Indonesia, Monumen Kapsul Waktu di Merauke Siap Diresmikan Presiden

“Saya melihat bahwa Pelabuhan Selat Lampa dengan draf yang dalam dan air yang tenang, tentu potensial. Oleh karenanya, kami tadi bersepakat membangun terminal untuk penumpang kapal perintis dan juga menyiapkan lahan untuk container,” ujar Menhub.

Selain itu, Menhub juga mengungkapkan permasalahan lain di Pelabuhan Selat Lampa, yakni aksesibilitas ke pelabuhan sehingga potensi dari fungsi pelabuhan tersebut belum terlalu maksimal. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!