Pemkab Sumba Barat Ajak KPM Ambil Langkah Strategis Cegah Stunting

Putraindonews.com – Sumba Barat | Pemerintah Kabupaten Sumba Barat mengajak Kader Pembangunan Manusia (KPM) untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam pelaksanaan program dan kegiatan percepatan penurunan stunting yang sumber pembiayaannya dari APBN dan APBD maupun APBDes secara partisipatif.

Pelaksanaan pelatihan KPM sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan produiktif serta pencapaian pembangunan berkelanjutan.

“Bahwa percepatan penurunan stunting dilaksanakan secara holistik, integratif, dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi diantara pemerintah daerah kabupaten dan desa, serta pemangku kepentingan,” kata Sekretaris Daerah Yermia Ndapa Doda kepada PutraIndonews, Selasa (11/4).

BACA JUGA :   Anggota DPRD Darsini Gelar Reses Didua Titik di Kecamatan Merbau

“KPM adalah kader masyarakat terpilih yang mempunyai kepedulian dan bersedia mendedikasikan diri untuk ikut berperan dalam pembangunan manusia di desa terutama dalam monitoring dan vasilitasi konvergensi penanganan stunting di desa,” sambungnya.

Yermia dalam kegiatan yang digelar di Hotel Ande Ate ini meminta kepada KPM agar proses dan tahapan-tahapan kegiatan pembangunan dapat dipertanggungjawabkan dengan benar, baik pada Pemerintah di Desa maupun pada masyarakat.

“Melalui pelaitahan kader pembangaunan manusia (KPM) ini agar meiliki kemampuan sebagai pelaku di desa serta dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagaui fungsi fasilitasi seluruh tahapan kegiatan pembangunan di desa dan melakukan transfer pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat sekitarnya,” tandasnya.

BACA JUGA :   Jadi Rumah Besar, Amelia Ahmad Yani dan sejumlah Jendral Purnawirawan Bergabung ke SOKSI

Di samping itu, pihaknya juga berharap agar kegiatan pelatihan semacam ini akan terus dikembangkan guna meningkatkan kapasitas pelaku dalam menyerap berbagai masukan kritis dari masyarakat Kabupaten Sumba Barat.

Diketahui, kegiatan bertema, “Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Tingkat Kabupaten Sumba Barat Tahun 2023 ini diikuti peserta sebanyak 63 orang dari 63 Desa di 6 Kecamatan se-Kabupaten Sumba Barat. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!