PERINGATI HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL, PEMUDA PALU BARAT BERSIHKAN SUNGAI

IMG-20180225-WA0005

PUTRAINDONEWS.COM
SULTENG – Dalam rangka peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN) 2018, kepala bidang (kabid) Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup kota Palu, Sulawesi Tengah (sulteng), bersama warga kecamatan Palu Barat melakukan aksi bersih-bersih diarea bantaran sungai palu (sabtu, 24/2).

Aksi peduli bersih-bersih sampah sungai ini diprakarsai komunitas pemuda Kota Palu Barat, bekerja sama tokoh adat dan lurah palu barat.

‘’ini adalah gerakan yang luarbiasa untuk kembali mengingatkan kepada masyarakat atas pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya dibantara sungai palu barat ini agar tidak membuang sampah sembarangan, apa lagi di sungai’’ kata kabid dinas lingkungan hidup kota Palu, Ikbal saat memberikan sambutannya.

Reny Septiani selaku inisiator gerakan palu bebas sampah dari komunitas seangel mengatakan, aksi peduli sampah tersebut diikuti tidak kurang 31 komunitas kota palu, dari tingkat pelajar hingga mahasiswa dengan jumlah sekitar 500 orang, dan semua adalah merupakan relawan yang dikumpulkan hanya dalam waktu dua minggu.

Dengan harapan, tambah Reni, melalui gerakan ini, pemuda Sulteng dapat membangkitkan animo masyarakat terkait kebersihan lingkungan, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama pemuda kota Palu tentang pentimgnya keberdihan lingkungan.

Apalagi, lanjut Reni, kota Palu adalah Kota madya yang seharusnya jadi kota percontohan di daerah Sulawesi Tengah, dan menjadikan Palu sebagai salah satu Kota yang bisa mendapatkan Adipura.

Kegiatan ini di awali dengan pembersihan bantaran sungai di kelurahan Baru, dibawah jembatan Palu III yang merupakan salah satu titik tempat pembuangan sampah (TPS) liar, terus menuju ke area pemukiman warga, hingga ke pasar tua yg jaraknya sekitar 300 meter dari sungai.

Sampah-sampah yang sudah terkumpul itu kemudian proses (dipilah) untuk selanjutnya diangkut oleh petugas dinas lingkungan hidup Kota Palu ke TPS sesungguhnya.

“Oya, pada pembukaan kegiatan tadi juga dimeriahkan dengan aktraksi Drume Band siswa siswi SDN DDI Kota Palu”, kunci Reni (dayat)

BACA JUGA :   Komsos, Babinsa Imbau Warga Peduli Keamanan Lingkungan

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!