Sampah Berhamburan di Persawahan, Petani Berharap Ada Perhatian dari DLH Sumba Barat

***

Putraindonews.com – Sumba Barat | Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat kembali mendapat sorotan, pasalnya sampah berhamburan sampai ke sawah-sawah milik petani.

Kejadian ini terjadi di aliran sungai yang notabene merupakan sambungan drainase dari Pasar Baru Waikabubak.

Benyamin Umbu Raya, petani pemilik sawah yang dipenuhi sampah ketika ditemui di lapangan mengatakan bahwa efek sampah dari Pasar Baru Weekarou berdampak buruh terhadap kondisi padi miliknya.

BACA JUGA :   Percepatan Program Padat Karya di 900 kecamatan 

“Padi kami yang sudah berbuah dipenuhi dengan sampah-sampah,” ucapnya kepada PutraIndonews, Sabtu (25/3).

Banyaknya sampah membuat aliran air meluas sampai ke sawah-sawah milik petani.

“kami sangat berharap agar ada perhatian khusus dari dinas lingkungan hidup dan juga sebagaian masyarakat agar membuang sampah ditempat sampah, bukan di slokan,” harapnya.

Baca Juga : bentuk generasi, sumba barat gelar musrembang anak

Terkait dengan pengelolaan sampah di Pasar Baru Waikabubak ada di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat.

BACA JUGA :   Upacara Pemakaman di Sumba, Warisan Tradisi Syarat Makna

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat diharapkan menyikapi permasalahan sampah dan kebersihan lingkungan, terkait pengelolaan persampahan.

Di samping itu perlu kesadaran seluruh warga masyarakat Sumba Barat, khususnya masyarakat yang berjualan di pasar baru, agar menjaga, melaksanakan dan memelihara kebersihan lokasi masing-masing serta wajib menyiapkan sarana prasarana kebersihan secara mandiri. Red/Nov

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!