SOPUTAN MELETUS, Waspada Ancaman Lelehan Lava, Awan Panas Serta Hujan Abu

 

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Minggu 16 Desember 2018. Gunung Soputan di Sulawesi Utara meletus beberapa kali tadi pagi dari pukul 7.43 WITA dan menyemburkan abu vulkanik mencapai hingga 7.500 meter dari puncak. Meski begitu, masyarakat belum perlu mengungsi.

Bandara Sam Ratulangi di Manado masih aman dan beroperasi normal, seperti diungkapkan juru bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

BACA JUGA :   Puan Persilakan Masyarakat Beri Masukan dan Kawal RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Badan Nasional Penanggulangan Bencana meminta agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius empat kilometer dari gunung berapi tersebut dan tidak beraktivitas dalam wilayah sektor arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 kilometer yang merupakan daerah bukaan kawah.

Warga juga diminta waspada jika terjadi hujan, dengan lahar dapat melalui sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

BACA JUGA :   Menkeu: Tahun 2018 Pelaporan SPT Melalui E-Filing Meningkat Cukup Signifikan

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau menggunakan masker penutup hidung dan mulut guna mengantisipasi gangguan saluran pernafasan.

Dua bulan yang lalu, Gunung Soputan meletus mengeluarkan abu vulkanik setinggi 4.000 meter di atas puncak kawah.

Dalam letusan Oktober lalu, juga tak ada korban meninggal dunia maupun luka, dan tak ada pengungsian. Saat ini aktivitas vulkanik Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga). ( **)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!