BERTEPATAN HARI STATISTIK NASIONAL, BPS OKU SELATAN GELAR FGD KONSOLIDASI KOMPILASI DATA OKU SELATAN DALAM ANGKA 2019

PUTRAINDONEWS.COM

MUARADUA – SUMSEL | Mewakili Bupati OKU Selatan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Joni Rafles,AP.,M.Si. hadir dan membuka langsung Focus Grup Discussion (FGD) yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) OKU Selatan dalam rangka Konsolidasi Kompilasi Data OKU Selatan Dalam Angka 2019 dan Kecamatan Dalam Angka 2019, Kamis pagi (26/09/2019).

FGD yang digelar di Ruang Rapat Terbatas Bupati ini turut dihadiri oleh Para Kepala OPD, Perwakilan Polres OKU Selatan, Kemenag, dan Para Camat.

Dalam sambutanny, Asisten I menjelaskan bahwa OKU Selatan dalam angka dan kecamatan dalam angka merupakan publikasi tahunan BPS yang komprehensif. Dimana menyajikan beraneka jenis data dari berbagai bidang serta dilengkapi ulasan deskriptif dan penjelasan teknis.

Dengan adanya data yang lengkap pada publikasi OKU Selatan dalam angka dan Kecamatan dalam angka, akan sangat membantu dalam penyusunan perencanaan yang baik. Yang artinya telah sama-sama memiliki sumber data yang sama.

Asisten juga menghimbau kepada semua pihak untuk dapat memanfaatkan publikasi untuk penyusunan perencanaan yang baik, sistematis, menyeluruh, dan terpadu.

BACA JUGA :   Walikota Tangsel Buka Pelaksanaan Tes Kebugaran Calhaj 2019

Selanjutnya Asisten menjelaskan bahwa FGD ini sangatlah penting terutama dalam membangun sinergitas, tidak sebatas koordinasi mengenai data, melainkan sharing yang berkaitan dengan pemahaman akan manfaat data dalam segala aspek pembangunan.

“Diharapkan akan ada pembenahan baik secara teknis dan non teknis, karena keakuratan data dalam publikasi akan membawa citra positif bagi BPS dan Pemerintah Daerah, sehingga ke depan pemanfaatan data statistik menjadi lebih meluas,” sambung Asisten I.

Sementara itu, Kepala BPS OKU Selatan Yusron, S.E.,M.Si. menjelaskan bahwa tujuan FGD ini guna mengkonfirmasi, berkoordinasi, dan bersinergi dengan seluruh instansi daerah, instansi vertikal maupun BUMN/BUMD guna mendapatkan data yang diperlukan sebagai bahan publikasi statistik daerah.

Dengan FGD ini, kualitas data dari publikasi OKU Selatan dalam angka dan Kecamatan dalam angka akan menjadi lebih baik lagi, dan series datanya lebih terjaga. Kegiatan seperti ini digelar untuk konfirmasi dan klarifikasi dari sumber data, selain dari data survei yang dilakukan BPS sendiri. Publikasi OKU Selatan dalam angka dan Kecamatan dalam angka merupakan publikasi utama yang dikeluarkan oleh BPS OKU Selatan, selain publikasi kecamatan dalam angka, PDRB dan Statistik Daerah serta publikasi lainnya.

BACA JUGA :   Penyederhanaan Birokrasi, Wabup Heri Lantik 125 Pejabat Fungsional Pemkab Manggarai

Publikasi OKU Selatan dalam angka dan Kecamatan dalam angka berisi data primer yang dihasilkan oleh BPS dan juga data skunder yang berasal dari institusi lainnya, serta sebagai rujukan utama bagi pengambil kebijakan daerah, karenanya diperlukan sinergi antara BPS dengan instansi di daerah.

Yusron juga mengungkapkan bahwa BPS di seluruh Indonesia termasuk juga BPS OKU Selatan pada tahun 2020, akan menyelenggarakan Sensus Penduduk 2020. Sensus Penduduk 2020 ini merupakan Sensus Penduduk yang ke-7 yang dilaksanakan sejak Indonesia merdeka.

Pelaksanaan FGD ini bertepatan dengan Hari Statistik Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 26 September. Sebagai apresiasi BPS, dalam kesempatan ini BPS memberikan penghargaan kepada responden terbaik menurut tiga kategori yaitu Institusi Pemerintah, Institusi Korporasi dan Lembaga non profit yaitu berupa piagam penghargaan.

Abi Samran – Sumsel

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!