BUKA MUSREMBANG, Bupati Kaimana Freddy Thie Paparkan Visi Misi RPJMD 2021-2026

PUTRAINDONEWS.COM

PAPUA BARAT | Bupati Kaimana Freddy Thie menghadiri sekaligus membuka acara pelaksanaan Musrembang RPJMD Kabupaten Kaimana tahun 2021-2026 di Gedung Pertemuan Krooy Kaimana, Senin (30/8/2021). Agenda tersebut dihadiri oleh semua pejabat di lingkup Pemda Kaimana dan seluruh pimpinan Forkopimda Kaimana.

Dalam sambutannya, Freddy menjelaskan bahwa pelaksanaan RPJMD Kabupaten Kaimana saat ini sudah memasuki tahap ke empat yaitu Musrembang RPJMD setelah diawali dengan persiapan penyusunan, penyusunan rancangan awal yang telah dilakukan konsultasi publik, dan penyusunan rancangan yang telah dilakukan konsultasi ke Gubernur Papua Barat melalui Bappeda Provinsi Papua Barat.

“Dua tahap terakhir adalah perumusan rancangan akhir dan penetapan RPJMD yang akan dilaksanakan setelah Musrenbang RPJMD,” kata Freddy.

Freddy menerangkan, RPJMD Kabupaten Kaimana Tahun 2021-2026 merupakan perwujudan dari visi dan misi kepala daerah/wakil Kepala daerah yang dirumuskan dengan memperhatikan berbagai ketentuan peraturan serta dokumen perencanaan sektoral antar tingkat pemerintahan. Katanya, secara proses, pendekatan penyusunan RPJMD dilakukan secara teknokratik, partisipatif, top-down dan bottom up serta pendekatan politis. Sedangan substansinya dilakukan secara holistik-tematik, integratif dan spasial.

“Visi RPJMD yang selanjutnya menjadi visi pembangunan Kabupaten Kaimana dalam lima tahun ke depan adalah, Terwujudnya Kabupaten Kaimana Yang Maju, Adil dan Sejahtera Melalui Pengembangan Sumderdaya Manusia, Sumberdaya Alam dan Kearifian Lokal,” tutur Freddy.

BACA JUGA :   Gubernur Koster: Tak Boleh Tari Sakral Digunakan Untuk Pemecahan Rekor MURI

Katanya, Visi tersebut direncanakan untuk dicapai melalui enam misi sebagai berikut: 1. Mewujudkan Pemerintahan yang Adil, Kreatif, Inovatif, Transparan dan Anti Korupsi Serta Berwibawa. 2. Mewujudkan Optimalisasi Pelayanan Dasar Bidang Pendidikan dan Kesehatan. 3. Mewujudkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Penerapan Teknologi Pertanian dan Perikanan, Pengembangan Pariwisata dan Kemaritiman, serta Pengembangan Industri Kreatif berbasis Sumberdaya Lokal. 4. Mewujudkan Penyediaan Lapangan Kerja dan Pemantapan Sarana dan Prasarana Wilayah. 5. Mewujudkan Pelestarian dan Pengembangan Seni-Budaya dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal, dan 6. Mewujudkan Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Wilayah, Perlindungan HAM dan Kesetaraan Gender.

Freddy melanjutkan, visi dan misi tersebut selanjutnya diterjemahkan ke dalam kurang lebih 13 tujuan pembangunan daerah, 21 Sasaran stratejik yang ingin dicapai serta 43 Indikator Sasaran Stratejik, yang selanjutnya akan ditetapkan menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) Daerah, untuk mengukur ketercapaian pembangunan dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

Sebagai dokumen yang akan menjadi acuan dan koridor pembangunan kedepan, lanjut Freddy, RPJMD tidak dimaksudkan sebagai sebuah dokumen perencanaan yang sempurna, namun setidaknya ia memotret keseluruhan prioritas pembangunan di daerah, yang ketika diimplementasikan seluruhnya, secara gradual mampu menyelesaikan berbagai persoalan dasar dan berkontribusi pada peningkatan pembangunan, peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan dasar serta mendorong transformasi tingkat kesejahteraan rakyat di Kaimana.

BACA JUGA :   Terpapar COVID-19, 51 Tenaga Kesehatan RSUD Kota Bogor Jalani Isolasi Mandiri

“Untuk mencapai tujuan itu, dalam forum Musrenbang ini, kami mengajak kita sekalian sebagai stakeholders pembangunan agar memberikan saran-masukan serta pendapat bagi perbaikan dokumen RPJMD, sehingga tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan yang diformulasikan dalam RPJMD dapat dilaksanakan untuk mewujudkan visi dan misi daerah,” tegas Freddy.

Lebih lanjut, ia mengatakan, RPJMD yang disusun bersamaan dengan Rencana Strategis (Renstra) Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diharapkan tidak hanya selaras dalam penyusunan tetapi saling melengkapi dan ditetapkan secara bersamaan. Diharapkan pula di dalam Renstra OPD telah memuat penerjemahan program prioritas atau program unggulan dearah serta program pembangunan lainnya, sehingga realisasi pencapaian visi dan misi daerah dapat dilakukan secara terpadu, menyeluruh dan terukur.

“Dalam kesempatan ini pula, atas nama Pemerintah Daerah, kami ucapkan terima kasih dan apresisasi, kepada seluruh pihak yang terlibat secara langsung mapun tidak langsung dalam mewujudkan penyelenggaraan Musrenbang ini. Akhirnya, selamat mengikuti dan menyukseskan Pelaksanaan Musrenbang RPJMD Kabupaten Kaimana Tahun 2021-2026, semoga kita sekalian selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutup Freddy.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!