Ikuti Uji Kompetensi, Amin Pratikno Kena Mental Sampai Stress ‘Akhirnya Berbuah Manis’

***

Putraindonews.com – Sumbar | Meski dicoba membalut dengan rasa percaya diri, namun wajah wajah tegang tampak cukup jelas terlihat dari 6 peserta Uji Kompetensi Wartawan atau UKW tingkat Madya, yang diselenggarakan oleh Dewan Pers melalui PWI Sumatera Barat di Hotel Novotel kota Bukittinggi, Sabtu hingga Minggu (10-11/9) kemarin.

Bagi insan Pers, baik yang bekerja di media elektronik maupun cetak, UKW merupakan moment yang selalu dinanti sebagai pembuktian kompetensi atas profesi yang dilakoninya.

Rasa takut dan cemas tak bisa ditutupi, termasuk penulis, saat Dheni Kurnia, sang penguji mulai membuka dan menyodorkan setumpuk kertas bahan materi uji, yang sejatinya adalah keseharian dari apa yang dilakukan wartawan.

Kena Mental

Lembar pertama selesai dikerjakan. Saatnya penguji memeriksa lembar jawaban yang diberikan para peserta.

Detak jantung mulai terasa lebih cepat dari biasanya. Takut dan cemas mulai menyergap. Takut salah, takut dimarahi dan cemas tak mampu menjawab soal ujian dengan benar seperti yang diinginkan penguji, hingga harus menghadapi kenyataan gagal menerima sertifikat kompetensi dari Dewan Pers.

Apalagi, trauma pada penulis saat mengalami kegagalan mengikuti UKW tingkat Utama di gedung BRI tahun 2018 silam (Dulu boleh melompat langsung mengikuti UKW tingkat Utama), masih sangat membekas.

Saat itu, 6 dari 7 peserta UKW tingkat Utama dinyatakan gugur, hingga sang penguji disebut sebagai “Killer”.

Dalam benak penulis, penguji Madya saat ini pun pasti tak akan jauh beda. Tak punya rasa toleran, tak mau kompromi dan pasti akan menghakimi jika salah dalam menulis atau memberikan jawaban dari soal materi uji. Intinya, penulis beranggapan bahwa penguji itu tak ubahnya sebagai Izroil, sang malaikat pencabut nyawa.

“Kamu tau apa isi pasal 7 ayat 2 itu mengatur tentang apa?”, tanya Dheni Kurniawan, tampak masih santai.

BACA JUGA :   Wujudkan Impian, 3 Atlet Berprestasi Asal Sultra Adu Nasib Jadi Prajurit TNI AD

Duaar…. bagaikan disambar petir, tiba tiba penulis tak mampu berpikir untuk menjawab. Otak terasa beku, lidahku yang tak bertulang pun mendadak jadi keluh.

“Maaf pak, saya lupa,” jawab penulis, yang merasa gerogi.

” Kamu ini bagaimana. Di lembar materi uji, kamu bisa menjawab. Tapi sekarang kamu bilang lupa,” bentak Penguji, membuat keringat dingin penulis mulai terasa menyelinap di balik kulit ari.

“Hmmm… ini baru permulaan. Apalagi pada sesi sesi selanjutnya. Beneran ketemu Malaikat Izrail nih,” gumamku dalam hati, hingga tak kusadari muncul rasa minder.

Stress Tingkat Dewa

Niat hati ingin menjawab semua soal materi uji dengan cepat, sambil mencoba “cari perhatian” penguji. Namun apa daya, Laptop andalanku yang telah menemani selama belasan tahun menjadi Wartawan ini, tiba tiba saja bertingkah laksana anak gadis menggoda jejaka.

Saat penulis sedang berjuang demi selembar sertifikat bertuliskan “Wartawan Berkompeten” dari Dewan Pers, sedikitnya 5 tut di keyboard Lapotopku nyaris tak berfungsi. Akibatnya, tentu banyak kesalahan yang terjadi dalam penulisan di lembar jawaban materi uji.

Tak ayal, penulis pun kena “semprot”. “Bagaimana cara kamu menulis. Lihat ini, banyak kalimat yang salah,” sebut penguji terdengar ketus, sambil memperlihatkan hasil tulisan itu.

Rasa putus asa mulai menyergapku. Meski sangat ingin lulus dalam menghadapi ujian ini, namun dalam hati berbisik, tipis kemungkinan untuk bisa lulus.

Pertempuran tanpa senjata dalam batin ini mulai menunjukkan tanda tanda adanya negoisasi. Sisi kanan hati ini berseru agar tetap semangat. “Ayo berjuang, hadapi, jangan menyerah. Ini bukan malaikat pencabut nyawa, bukan Izrail,”.

Sedikit demi sedikit, kepercayaan diri penulis mulai muncul. Hati pun mulai merasa nyaman dan fikiran mulai sedikit rilex.

BACA JUGA :   Gubernur WH: Bulan Ramadhan Momentum Bangun Solidaritas Sesama

Sesi demi sesi yang penulis lalui, mulai dikerjakan dengan teliti, meski ternyata hasilnya masih juga banyak terjadi kesalahan akibat keybord Laptop yang cukup menyita waktu hingga sering terlambat dalam menyelesaikan jawaban materi uji.

Entah keajaiban, entah sifat sang penguji yang sebenarnya sangat ramah dan penyabar, atau mungkin juga karena melihat kegigihan usaha yang penulis tunjukkan, di sesi sesi akhir sang penguji justru banyak memberikan masukan dan bimbingan tentang tugas dan tanggungjawab, yang semestinya dilakukan. Dalam hatipun berbisik, ini bukan Izrail, tetapi Jibril yang bertugas menyampaikan wahyu dan membimbing menuju jalan kebenaran.

Beratnya beban dalam fikiran penulis pun terasa sirna. Hingga akhir sesi ujian, penulis merasakan kenyamanan bersama Dheni Kurnia.

Tangis Haru

Detik detik yang menegangkan kembali dirasakan sesaat jelang Dheni Kurniawan menyampaikan hasil akhir proses UKW ini.

Dan akhirnya, penulis tak mampu menahan desakan air mata yang memaksa untuk keluar dari mata penulis, saat Dheni Kurnia mengatakan bahwa penulis lulus ujian kompetensi wartawan tingkat Madya.

Rasa syukur pun langsung penulis panjatkan pada sang Khaliq, dan ucapan terimakasih pada Dheni Kurnia yang telah dengan sabar membimbing penulis dalam perjuangan berat ini.

Tak sampai di sini, Rasa bahagia kian bertambah saat mendengar rekan penulis yang sama sama berasal dari kota Sawahlunto, yaitu Indra Yosef dan Rina Yosefin serta Nur Anisa dari Investigasi News yang juga dinyatakan lulus.

Diakhir catatan ini, penulis juga ingin menyampaikan rasa terimakasih yang tak terhingga pada Suci Marita, sang pimpinan redaksi Investigasi News dan Nur Anisa alias Butet, yang telah memberikan dukungan sejak mulai mendaftar sebagai calon peserta UKW Madya angkatan 19 ini. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!