Memelihara & Menjaga, Inisiasi Inovasi Kemanfaatan Untuk Kemandirian Ekonomi Kewilayahan

***

Putraindonews.com – Kota Bandung | Pemikiran inovasi dilahirkan untuk pemecahan masalah dalam menghasilkan solusi. Pemanfaatan lahan yang ada untuk menghasilkan dan membangun bersama ekonomi kewilayahan dengan memelihara dan menjaga bersama area tempat yang dijadikan media.

RW 08 Kebon Gedang, Batununggal, Kota Bandung kini punya tempat taman berkebun yang apik, indah, asri dan bersih.

Bisa jadi tempat ini dijadikan rujukan di Kota-Kota Beasr di Indonesia yang kekurangan atau sempit lahan dalam berinovasi menciptakan lahan untuk kemanfaatan hingga tambahan memenuhi kebutuhan warga sehari-hari dengan berkebun.

BACA JUGA :   DPRD Jabar Setuju Anggaran Penanganan COVID-19

Sejak dipercaya oleh Pemkot Bandung dijadikan wilayah yang mewakili Program P2WKSS (Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera) di tingkat Jawa Barat, RW 08 Kebon Gedang terus berbenah dan semakin solid dalam menjaga amanah kepercayaan yang diberikan.

Banyak program, ide, gagasan ekonomi dan sosial kemasyarakatan yang inovatif dan kreatif lahir.

“Perlu kiranya pemberdayaan dan potensi serta warga masyarakat dikembangkan pada hal yang produktif agar ada tambahan penghasilan yang dikelola secara kolektif,” tutur H. Cece Sukmawan ketua RW 08, di lokasi taman berkebun RT 02/08 Kebon Gedang, Batununggal, Bandung, Rabu (14/09/22).

BACA JUGA :   DANREM 052/WKR Mendampingi Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya Cek PPKM 2 Pasar Di Jakarta Barat

“Pemberdayaan dilakukan setidaknya untuk mengurangi dan memangkas bentuk utang renteunir,” tambahnya.

Selanjutnya, Cece menjelaskan, kegiatan warga di taman berkebun merupakan salah satu program yang bersangkutan dengan P2WKSS.

“Dimana para ibu-ibu bisa menambah penghasilan keluarga alias mandiri ikut menyokong kebutuhan keluarga,” katanya.

“Silahkan warga yang punya rasa suka, skill, keterampilan dalam bertani bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Mari rawat dan jaga bersama,” imbaunya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!