Pemkot Tangsel Lakukan Study Visit Ke BPPRD Batam

PUTRAINDONEWS.COM

BATAM | 24 Januari 2019. Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bersama dengan kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel Dadang Sofyan serta pegawai Bapenda melakukan study visit ke Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Batam, terkait dengan program optimalisasi Pajak Daerah, Rabu (23/1).

Walikota Batam Muhammad Rudi dan Kepala BPPRD Raja Azmansyah, menerima langsung kunjungan Walikota Tangsel dan rombongan Bapenda Tangsel.

“Kunjungan ini berdiskusi terkait dengan penggunaan alat tapping box yang digunakan BPPRD Batam kepada Wajib Pajak hotel, restoran, hiburan dan lainnya sebagai pengawas penerimaan pajak daerah,”ungkap Walikota Batam Muhammad Rudi.

Rudi menjelaskan, pemerintah kota Batam bekerjasama dengan Bank Pemerintah Daerah dalam penggunaan tapping box. “Bank Pemerintah Daerah tersebut sudah membantu memasang tapping box di 400 Wajib Pajak berikut aplikasinya.”jelasnya.

BACA JUGA :   Bersama Perangkat Desa Pasirdoton, Forum RT & RW Gelar Silaturahmi Awal Tahun

Pemerintah Kota Batam mendapat dukungan dari KPK untuk terus mengembangankan program tersebut, dan KPK juga terlibat dalam kegiatan sosialisasi terkait penggunaan tapping box kepada wajib pajak.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, Pemerintah Kota Tangsel telah membuat peraturan Walikota nomor 27 tahun 2013 yang mengatur tentang penggunaan tapping box untuk wajib pajak, dan sampai saat ini sudah terpasang sebanyak 35 tapping box.

“Berdasarkan evaluasi atas penggunaan tapping box ini terdapat wajib pajak yang mengalami peningkatan pembayaran pajak. Sehingga pemasangan tapping box ini akan membantu melakukan pengawasan omset sebagai dasar pengenaan pajak daerah,”jelasnya.

Kedepannya Bapenda Tangsel akan meningkatkan jumlah penggunaan tapping box dengan melanjutkan kerjasama dengan Bank BJB. “Saya berharap jumlah tapping box yang dipasang pada mesin cash register wajib pajak akan terus bertambah, dan seluruh wajib pajak juga ikut mendukung program ini, karena sebetulnya konsumenlah yang menanggung besarnya pajak yang harus dibayarkannya yang dititipkan kepada pemilik usaha pada saat membayar,”harapnya.

BACA JUGA :   Masker Langka, Begini Kata Dinas Kesehatan Kota Tangsel

Kepala Bapenda Kota Tangsel Dadang Sofyan menjelaskan, akan mengoptimalkan yang ada dengan melihat prioritas potensi. “Contohnya kalau ada restoran berdasarkan hitungan punya potensi untuk bayar pajaknya besar, maka itu yang didahulukan,”katanya.

Sementara Kepala Bidang Pajak Daerah II pada Bapenda, Rahayu Sayekti, menjelaskan, untuk tapping box di tangsel sudah terpasang sebanyak 35 alat. “Alat kita sebanyak 35, 20 dari BJB dan sisanya bapenda, untuk itu kita akan mendorong supaya bank daerah mau membantu meminjamkan alat plus sistemnya supaya bisa mendorong optimalisasi penerimaan pajak daerah di Tangsel,”ungkapnya. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!