Talk Show Inspiratif, Jaga Hati – Imun dan Prokes di Bulan Ramadhan ‘Selasa 12 April 2022’

***

Putraindonews.com – Jakarta | Pemerintah telah melonggarkan sejumlah aturan dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Situasi pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) yang diklaim pemerintah sudah menunjukkan perbaikan menjadi pertimbangan pelonggaran dilakukan.

Diantara pelonggaran kebijakan tersebut, adalah penghapusan karantina dan penghapusan syarat tes Covid-1. Bahkan, beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi juga sudah mengeluarkan pernyataan bahwa masyarakat sudah dibolehkan pulang kampung (mudik) pada liburan Lebaran tahun ini.

Namun, di sisi lain, pemerintah melalui Satgas Covid-19 tetap mendorong protokol kesehatan dijalankan saat bulan Ramadhan.

Dengan begitu aktivitas selama bulan puasa tetap aman dan terhindar dari penularan. Untuk itu, Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan edaran pedoman penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idulfitri 1443 H dalam situasi pandemi Covid-19.

BACA JUGA :   Resmi Dikukuhkan, Faisal Arif Nakhodai IMO-Indonesia DPC Dumai

Dalam Edaran No. SE 08 Tahun 2022 yang ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 29 Maret 2022.

“Puasa selama pandemi COVID-19 bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang”.

Mengingat masa pandemi masih berlangsung di Indonesia, menjaga daya tahan tubuh tetap kuat sangat penting agar puasa bisa dijalani dengan baik dan tubuh terlindungi dari COVID-19.

Puasa Ramadan adalah salah satu ibadah yang harus dijalani oleh setiap umat muslim di dunia. Agar puasa dan ibadah lainnya tetap berjalan lancar, kesehatan tubuh tentu harus selalu dijaga.

Kunci utama agar daya tahan tubuh tetap kuat saat berpuasa di masa pandemi COVID-19 adalah memperhatikan dan menjaga pola hidup tetap sehat dengan menjaga imun, hati, dan pikiran.

Tujuan inti puasa adalah menggapai ketakwaan. Puasa menjadi sarana mensucikan hati dan jiwa agar taat kepada perintah-Nya, sekaligus mengobati dan menjadi terapi kesehatan manusia.

BACA JUGA :   Wapres Berduka Atas Wafatnya Menantu Rapsel Ali

Ramadhan merupakan bulan pendidikan rohani yang melatih keuletan, kejujuran, kesabaran serta menjadi pakem menahan gejolak nafsu yang mendorong hamba melakukan dosa dan kesalahan.

Bagaimana menjaga hati, imun dan prokes di Bulan Ramadhan? Simak perbincangan dengan narasumber:

Ustadz Hilmi Firdausi

dr. RA Adaninggar SpPD

Sonny Harry B Harmadi
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19,

Host:
Camar Haenda

Talk Show dilaksanakan pada: Selasa, 12 April 2022 pukul 13.00 WIB di Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Graha BNPB – Jakarta secara LIVE dengan hak siar yang dapat dipakai untuk & seluruh media. Red/Ben

***

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!