Temukan Bukti Kerusakan Lingkungan, Gubernur Bengkulu Surati Dua Kementerian Sekaligus !

***

Putraindonews.com – Bengkulu | Menindaklanjuti hasil temuan dan analisa tim dari Pemerintah Provinsi Bengkulu atas laporan dari masyarakat terkait aktivitas pertambangan Pasir Besi oleh PT. FLBA di Kabupaten Seluma, pada Kamis (21/7), tim Pemprov bersama pemerintah Kabupaten Seluma serta perwakilan masyarakat Pasar Seluma Kabupaten Seluma menggelar Rapat Koordinasi terkait Crosscheck dan Analisis Temuan, di Ruang Rapat Raflesia Kantor Gubernur Bengkulu.

Rapat ini dipimpin Kadis ESDM Provinsi Bengkulu Mulyani mewakili Gubernur serta dihadiri Asisten I Kabupaten Seluma, Unsur Forkopinda Seluma, Perwakilan Masyarakat Pasar Seluma, aktivis pencinta lingkungan, Kadis DLHK serta Kadis DKP Provinsi Bengkulu.

Dalam pertemuan ini dihasilkan kesepakatan untuk meneruskan temuan dari tim Pemprov Bengkulu terhadap aktivitas pertambangan PT. FLBA di Kabupaten Seluma ke Kementerian terkait.

Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Mulyani menjelaskan, rapat ini merupakan tindaklanjut dari hasil kunjungan tim dari pemerintah provinsi ke lapangan pada tanggal 7 Juli lalu.

BACA JUGA :   Jembrana Perkuat Program “Bali Recovery” Melalui Festival Gilimanuk 2019

Dari hasil kunjungan lapangan tersebut ada beberapa temuan penting yang didapati tim di lokasi, di mana temuan tersebut sudah dievaluasi oleh tim yang telah dibentuk dan temuan itu akan dibuatkan surat rekomendasi yang ditandantangani Gubernur Bengkulu untuk disampaikan kepada Kementerian terkait.

“Masing-masing OPD teknis telah menganalisa temuan di lapangan dan hasil analisa itu akan diteruskan ke Kementerian terkait dan surat itu nantinya akan ditandatangani langsung oleh Gubernur Bengkulu,” sebut Mulyani, usai rapat.

Lanjutnya, ada beberapa temuan tim di lapngan, seperti belum lengkapnya izin usaha pertambangan kemudian terkait adanya dugaan pembuangan limbah di aliran sungai dekat pertambangan serta jarak lokasi pertambangan yang tidak sesuai aturannya.

BACA JUGA :   Jaga Pasokan Energi, Pertamina Siagakan Satgas RAFI 2024

“Kita berharap dengan surat rekomendasi yang kita sampaikan ke Kementerian terkait itu dapat segera ditindaklanjuti dengan turunnya tim dari Kementerian terkait seperti Kementerian ESDM dan Kementerian Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Dengan begitu, kata Mulyani lagi, persoalan pertambangan Pasir Besi yang dilakukan oleh PT. FLBA di Kabupaten Seluma dapat diselesaikan dalam waktu dekat.

Kades Pasar Seluma Kabupaten Seluma Hertoni berharap pertemuan yang dilaksanakan hari ini dapat menampung aspirasi masyarakat khususnya warga Pasar Seluma yang menginginkan aktivitas pertambangan dari PT. FLBA dapat segera dihentikan.

“Dengan pertemuan yang dilakukan hari ini kami berharap ada kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yang dapat memenuhi keinginan dari masyarakat. Kami berharap pemerintah dapat bertindak tegas atas persoalan ini,” ujarnya. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!