Siap-Siap, Mulai Juni 2023 Lima Ruas Tol Ini Bakal Terapkan Bayar Tanpa Sentuh

***

Putraindonews.com – Jakarta | Bagi pengendara mobil bersiap-siap untuk hadirnya kebijakan baru terkait ruas tol yang mulai diujicobakan pada Juni 2023 mendatang.

Kebijakan pembayaran tol tanpa sentuh akan dilaksanakan mulai pertengahan tahun ini. Namun demikian, uji coba bayar tol tanpa sentuh tersebut hanya akan dilaksanakan di beberapa ruas tol saja. Sebagian besar ruas Tol yang ada di Jakarta.

Untuk diketahui, bayar tol tanpa sentuh merupakan sistem terbaru yang sedang dikembangkan oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR.

Sistem ini dinamai Multi Lane Free Flow (MLFF). Yang menggunakan teknologi canggih dengan basis server dan satelit.

Supaya bisa melakukan sistem bayar tol tanpa sentuh ini, pengguna jalan tol akan diminta mengunduh aplikasi Cantas.

Nah, untuk ruas tol yang akan jadi lokasi uji coba bayar tol tanpa sentuh tersebut ada lima, yaitu:

1. Tol Bali Mandara

Dikutip dari bpjt.pu.go.id, Tol Bali Mandara memiliki panjang 12,7 kilometer. Ini merupakan jalan tol pertama yang dibangun di atas laut pertama di Indonesia.

BACA JUGA :   Konsisten Layani Penerbangan Perintis, Meski Merugi Lion Air Tetap Operasikan Pesawat ATR 72

Selain itu, Tol Bali Mandara merupakan salah satu tol atas air yang terpanjang di dunia. Ruas tol ini pun merupakan satu-satunya di Indonesia yang memiliki jalur khusus pengendara sepeda motor.

2. Tol Jagorawi

Jalan Tol Jagorawi atau Jakarta–Bogor–Ciawi merupakan jalan tol pertama yang dibangun di Indonesia. Pembangunannya dimulai pada tahun 1973.

Dikutip dari wikipedia, jalan Tol Jagorawi dikelola oleh PT Jasa Marga dengan melintasi wilayah Kota Jakarta Timur, Kota Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

3. Tol Jakarta Cikampek

Tol Japek alias Jakarta–Cikampek memiliki panjang 73 kilometer. Terbentang dari Cawang, Jakarta Timur, hingga Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Tol Japek mulai dibangun pada tahun 1988. Ruas Tol Jakarta Cikampek ini melintasi lima wilayah yakni, Kota Jakarta Timur, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Purwakarta.

BACA JUGA :   Kekerasan & Pelecehan Seksual, Azaz Tigor Nainggolan ; Pengguna Transportasi Perlu Perlindungan Hukum

4. Tol Lingkar Dalam Jakarta

Seperti namanya, ruas tol ini mengitari dalam kota Jakarta. Memiliki panjang 46 kilometer yang menghubungan sejumlah wilayah di ibukota.

Dilansir dari wikipedia, jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta memiliki tiga bagian yang dioperasikan oleh PT Jasamarga Tbk dan PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk.

5. Tol Lingkar Luar Jakarta

Tol Lingkar Luar Jakarta atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Jakarta Outer Ring Road alias JORR sudah dikenal namanya sejak awal 1990-an.

Bagian pertama dari Tol Lingkar Luar Jakarta yang dibangun adalah ruas Cikunir menuju Cakung yang pembangunannya dilaksanakan pada tahun 1990.

Pada tahun 2017, ruas Cilincing menuju Tanjung Priok yang dikenal dengan akses Tanjung Priok, mulai dioperasikan. Hal itu menandai perjalanan panjang JORR hingga beroperasi secara penus alias 100 persen. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!