Wapres Menantikan Kontribusi Pemikiran Alumni PPI

Putraindonews.com – Jakarta | Wakil Presiden Ma’ruf Amin menantikan kontribusi pemikiran alumni pelajar Indonesia di luar negeri yang tergabung dalam Alumni PPI Dunia.

“Saya berharap, program dan kegiatan PPI dapat menginspirasi semakin banyak masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya hingga ke luar negeri, lalu kembali ke Tanah Air membangun bangsa dan negara,” ujarnya di acara pembukaan “Alumni Connect Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia” di Jakarta, Jumat (26/5).

Menurutnya, data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2022 yang menyebutkan bahwa penduduk dengan pendidikan doktoral hanya 0,02 persen; master sekitar 0,3 persen; dan sarjana kurang dari 5 persen.

“Berdasarkan data Dukcapil Kementerian Dalam Negeri tahun 2022, dari 275 juta penduduk Indonesia, hanya sekitar 0,02 persen warga yang berpendidikan S3, sedangkan yang berpendidikan S2 ada sekitar 0,3 persen dan tidak sampai 5 persen warga negara yang berpendidikan S1. Jadi, total hanya 6 persen orang Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi,” ungkapnya.

BACA JUGA :   ISPU Sebut Kondisi Udara di Jakarta Pagi Ini Tidak Sehat

Artinya, lanjut Ma’ruf Amin, jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang mengenyam pendidikan tersier masih sangat sedikit. Oleh karena itu, dia berharap angka tersebut terus naik dengan peran dari alumni PPI sebagai penggerak kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Negara kita diproyeksikan akan menikmati bonus demografi pada 2030 hingga 2040, dengan penduduk usia produktif mencapai 180 juta orang atau sekitar dua per tiga dari total penduduk,” katanya.

BACA JUGA :   WWF-Indonesia dan Save the Children Canangkan Program BASAMO untuk Pendidikan Berkelanjutan

Hal tersebut menuntut perencanaan dan perumusan strategi yang optimal dari banyak lini agar bonus demografi menjadi berkah bagi negara, bukan sebaliknya yang justru menjadi bencana karena menimbulkan banyak pengangguran.

“Saya menantikan kontribusi pemikiran dan karya dari alumni PPI Dunia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air dan memunculkan talenta digital yang sangat dibutuhkan untuk menjawab berbagai tantangan masa depan,” katanya.

Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki selama sekolah dan tinggal di luar negeri, Ma’ruf Amin meyakini akan banyak sumbangsih yang dapat diberikan alumni PPI Dunia kepada masyarakat dan negara. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!