Wujudkan Kepedulian Sosial, PLTU 1-2 Nagan Raya Bangun 3 Rumah Berbahan FABA

***

Putraindonews.com – Nagan Raya | PT PLN Unit Pembangkitan (UPK) Nagan Raya mewujudkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan ekonomi bawah di Desa Suak Puntong, Kec Kuala Pesisir Kab Nagan Raya. Kepedulian tersebut dalam bentuk pembangunan tiga buah rumah dengan memanfaatkan abu sisa pembakaran batubara PLTU yang dikenal dengan FABA atau fly ash (abu atas) dan bottom ash (abu dasar).

Seremonial penyerahan rumah dilaksanakan di pelataran Masjid Baitul Rahman Desa Suak Puntong, Jumat (15/07/2022). Penyerahan rumah bantuan tersebut dihadiri oleh Bupati Nagan Raya HM. Jamin Idham, SE diwakili Asisten I Pemkab Nagan Raya Zulfikar, SH. didampingi Camat Kuala Pesisir Edi Kamal, S.Sos. dan Keuchik Desa Suak Puntong Alian Busmi beserta perangkat pemerintahan lainnya.

Tampak hadir juga Dandim 0116/Nara Letkol Tony Setyo Widodo didampingi Kapolres AKBP Setiyawan Eko Prasetya, SH., SIK.

Dari pihak PLN tampak hadir Vice President Lingkungan PT PLN (Persero) Ajrun Karim, General Manager Unit Induk Pembangkit Sumatera Bagian Utara (UIK-SBU) Purnomo, Manager UPK Nagan Raya Zulfan Idris Kaban beserta jajaran, dan PJ. Pengendali K3 UIKSBU Syahminan Siregar.

Acara dibuka dengan sambutan dari Manager UPK Nagan Raya, Zulfan Idris Kaban. Zulfan mengatakan bahwa penyerahan rumah yang dibangun hari ini adalah sebuah wujud kepedulian sosial dan lingkungan PLN kepada masyarakat di sekitar PLTU Nagan Raya.

“Rumah yang kita bangun selain bentuk kepedulian sosial kepada saudara kita pada ekonomi bawah, juga dalam rangka pengendalian lingkungan. Dalam hal ini abu sisa pembakaran batubara kita jadikan produk lain yang bisa digunakan untuk konstruksi seperti batako, paving blok, dan sebagainya,” ujar Zulfan.

BACA JUGA :   APINDO Gelar FGD tentang Kebebasan Berserikat dan Berpendapat

Zulfan melanjutkan, “rumah yang dibangun bahan bakunya menggunakan FABA yaitu abu atas atau fly ash dan abu dasar atau bottom ash. FABA yang dipergunakan untuk rehab tiga buah rumah ini menghabiskan kurang lebih 65 ton FABA”.

Zulfan berharap bantuan pembangunan rumah dari PLN ini bisa meningkatkan taraf hidup penerima bantuan. “Semoga rumah yang dibangun bisa membuat para pemilik bisa hidup nyaman di rumah yang baru,” tutup Zulfan.

Penggunaan abu sisa batubara PLTU akan menjadi agenda rutin pembangkit PLN berbahan bakar batubara jelas GM PT PLN UIKSBU, Purnomo.

“PLTU Nagan Raya adalah pembangkit yang membanggakan. Menjadi salah satu tulang punggung pembangkit listrik di Sumbagut khususnya Aceh,” lanjut Purnomo dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Purnomo secara khusus menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak terkait. “Terimakasih kepada aparat keamanan atas support dari berbagai pihak khususnya aparat keamanan TNI-Polri sehingga pembangkit di Aceh khususnya di Nagan Raya,” ucap Purnomo.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Lingkungan PT PLN (Persero) Ajrun Karim memastikan bahwa FABA bukanlah limbah berbahaya dan beracun (B3).

“Saya lebih menyebutnya produk samping. Sejak awal FABA tidak kita anggap limbah, makanya kita tidak pernah buang,” jelas Ajrun Karim.

Dengan bercanda, Ajrun Karim menyebut FABA bukan B3 tapi B9, yang merupakan singkatan dari Bukan Bahan Berbahaya Beracun Berguna Bermanfaat Bagi Bangsa.

“FABA bukanlah limbah tapi produk sampingan. FABA tidak merusak lingkungan apalagi meracuni manusia. FABA juga bisa digunakan sebagai pupuk. Di Kalsel FABA digunakan sebagai pupuk kelapa sawit karena mengandung silika,” jelas Ajrun Karim.

BACA JUGA :   Dukung Pos Pantau Arus Balik, BNPB Pastikan Prokes di Rest Area Berjalan Baik

Asisten I Pemkab Nagan Raya Zulfikar, SH yang mewakili Bupati Nagan Raya HM. Jamin Idham, SE menyampaikan apresiasi atas kepedulian PT PLN kepada masyarakat di Kabupaten Nagan Raya.

“Pemerintah Nagan Raya berusaha meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Salah satunya dengan membuka diri dengan masuknya investasi,” ucap Zulfikar dalam sambutannya.

Kepada penerima bantuan, Zulfikar mengingatkan agar selalu bersyukur atas bantuan yang telah diterima.

Acara ditutup dengan Penandatangan plakat rumah bantuan oleh Bupati Nagan Raya HM. Jamin Idham, SE diwakili Asisten I Pemkab Zulfikar, SH dan penyerahan kunci rumah oleh Vice President Lingkungan PT PLN (Persero) Ajrun Karim dan General Manager UIK SBU Purnomo, Manager UPK Nagan Raya Zulfan Idris Kaban, dan Syahminan Siregar PJ. Pengendali K3 UIKSBU.

“Semoga pemilik rumah mendapatkan keberkahan dihari Jumat yang menikmati rumah salah satu produk PLN,” ucap Vice President Lingkungan PT PLN (Persero) Ajrun Karim saat menyerahkan kunci kepada tiga kepala keluarga penerima rumah bantuan PLN.

Pemilik rumah yang dibangun oleh PLN UPK Nagan Raya adalah Zakaria, Nurhayati, Syafrizal menerima langsung penyerahan kunci rumah yang telah selesai direnovasi. Pemilik rumah bersama rombongan kemudian bersama-sama memasuki rumah setelah sebelumnya dilakukan peuseujuk oleh Tengku Dayah sebagai perwujudan rasa syukur atas penempatan rumah baru.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan santunan kepada 30 orang anak yatim yang berasal dari sekitar lingkungan PLTU Nagan Raya. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!