Wujudkan Program Green School, SMPN 1 Laboya Barat Gelar Penen Raya Semangka

Putraindonews.com – NTT | Panen Raya Semangka di SMP N1 Laboya Barat pada Kamis (30/11/23) merupakan Program Green Shcool yang dilakukan oleh peserta didik, di dukung oleh Lembaga SurfAid dengan konsep Green House mendukung Program Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dalam mewujudkan Kota dan Desa BERSERI untuk menumbuhkan ketrampilan dan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui penguatan profil pelajar Pancasila.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMPN 1 Laboya Barat Soleman Pati Roge mengatakan bahwa Projek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila.

“Projek ini melatih peserta didik untuk melakukan aksi nyata sebagai respon terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. Projek penguatan ini diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” terang Kepsek SMPN 1 Laboya Barat yang beralamatkan di Hodi, Desa Gaura, Kecamatan Lamboya Barat, Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Atas terlaksananya Program Green School yang dicanangkan oleh Dinas PKO ini, Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade sangat mengapresiasi akan hasil yang didapatkan melalui program Green School.

“Para siswa tidak hanya melaksanakan program pembelajaran di kelas namun sedini mungkin diberikan pembelajaran untuk menumbuhkan jiwa ketrampilan dan kewirausahaannya,” ungkap Bupati Yohanis Dade.

Bupati juga berterima kasih kepada Lembaga surfAid yang telah mendukung program ini. Bupati mengharapkan agar kedepannya program ini menjadi percontohan bagi sekolah-sekolah lainnya.

Tidak hanya buah semangka, Para siswa-siswi pun menanam berbagai jenis tanaman Holtikulturaseperti Tomat, Lombok serta sayur-sayuran. dalam kegiatan ini Bupati bersama rombongan Pimpinan perangkat Daerah memborong hasil tanaman yang telah dihasilkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sumba Barat, Lobu Ori menuturkan bahwa Kepala SMPN 1 Laboya Barat telah memberikan inspirasi bagi Sekolah lain untuk terus melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran.

“Program ini juga memberikan kesempatan kepada Guru untuk melakukan kolaborasi demi peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 1 Laboya Barat,” pungkas Kadis PKO.

Turut hadir Ketua Komisi C DPRD Kab. Sumba Barat, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja, Para Camat, Pimpinan NGO, Pimpinan BUMN, Para Kepala Sekolah SMP dan SMA, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!