Elektabilitas AMIN Terus Melejit Jelang Hari Pencoblosan Pemilu 2024

Putraindonews.com  – Hasil survei ARCHI menunjukkan elektabilitas pasangan Capres dan Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN ) terus melejit, sedangkan tingkat keterpilihan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka turun.

Direktur Eksekutif ARCHI Mukhradis Hadi Kusuma menjelaskan, berdasarkan hasil survei tersebut, paslon AMIN mengalami kenaikan dari survei sebelumnya sebesar 33,61 persen dan sekarang menjadi 37,63 persen, sedangkan Prabowo-Gibran sebelumnya mencapai 45,9 persen, tetapi kini berada di angka 44,85 persen.

“Prabowo-Gibran tetap memimpin dengan elektabilitas 44,85 persen, disusul pasangan Anies-Muhaimin dengan jumlah 37,63 persen, dan Ganjar-Mahfud 15,95 persen,” kata Hadi Kusuma dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (5/2/24).

BACA JUGA :   Langkah Kaesang Didukung Seniman da Budayawan

Ia mengatakan, dalam survei ini responden diberikan pertanyaan terkait ‘Saat berada di bilik suara, siapakah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang anda pilih.’

Sementara hasil survei menunjukkan yang tidak memilih atau golput berjumlah 0,19 persen dan yang tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 1,39 persen.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa survei dilakukan bagi warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun atau sudah menikah dengan total 2.400 responden di 38 provinsi seluruh Indonesia.

Ia menambahkan, survei tersebut dilaukan pada periode 26 Januari – 1 Februari 2024 dengan menggunakan metode Stratified Multistage Random Sampling dengan tingkat margin of error sekitar 2 persen dan tingkat kepercayaan sebanyak 95 persen.

BACA JUGA :   Di Pekanbaru, Mahfud Sampaikan Optimismenya Bisa Kembangkan Perekonomian Indonesia

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!