Memasuki Penyusunan Daftar Pemilih, Panwascam Lamboya Gelar Rapat Pengawasan Partisipasi

Putraindonews.com – NTT | Memasuki proses tahapan pemilu yakni proses penyusunan daftar pemilih sementara, Panwascam Lamboya, Kabupaten Sumba Barat melakukan Sosialisasi pengawasan partisipasi.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan selama dua hari mulai tanggal 19-20 mei 2023 di Gereja Rajaka, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat.

Kepada Putraindonews, Ketua Panwascam Lamboya Yoseph Reko mengatakan bahwa peserta sosialisasi dalam kegiatan terbagi dua, hari pertama adalah Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat, hari kedua ada Aparat Desa, TNI, POLRI, serta ASN.

BACA JUGA :   PPP Siap Menangkan Bacapres Ganjar Pranowo di Banten dan Jabar

“Kami bagi dua dengan sasaran materi yang sama, para pserta yang dilibatkan diharapkan menjadi corong informasi bagi masyarakat yang ada disekitarnya, begitupun aparat desa sehingga menjadi pembahasan serius,” ujar Yoseph kepada Putraindonews, Sabtu (20/5).

Ketua Panwascam Lamboya ingin memastikan masyarakat yang sudah memiliki hak pilih yakni diatas 17 tahun masuk dalam DPT.

“Ini adalah tugas pengawasan kami untuk memastikan masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih sudah terdaftar atau belum,” tandasnya.

BACA JUGA :   PSI Buka Loker Untuk Gubernur dan Wagub di Pilgub Jakarta

Lanjut Yoseph, dalam kegiatan sosialisasi pengawasan, para peserta juga disuguhkan dengan materi-materi pengawasan pemilu demi berjalannya pemilu 2024 dengan baik.

“Pengawasan pemilu partisipatif adalah pengawasan proses pemilu yang melibatkan peran serta masyarakat, artinya tidak hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu dalam hal ini Bawaslu tapi juga seluruh lapisan masyarakat, kita berharap agar sama-sama awasi,” harapnya. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!