Pemkab Rokan Hilir Kembangkan Objek Wisata Taman Jembatan Pedamaran

Putraindonews.com – Rokan Hilir | Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melakukan pengembangan objek wisata daerah. Salah satunya pengembangan wisata taman di bawah Jembatan Pedamaran I di Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir, Kecamatan Bangko akan dikembangkan lebih baik lagi.

Wisata Taman Pedamaran I ini luasnya 10 hektar dan telah ditata dengan rapi dan baik, indah segar dipandang mata. Pohon-pohon pelindung dan peneduh yang sudah ditanam sudah mulai tumbuh dan berkembang seperti pohon meranti, pulai, birah-birah, ketapang, pohon pinang dan pohon lain sebagainya.

Kemudian di taman wisatan jembatan pedamaran I juga ditanami banyak jenis bunga seperti bunga terompet unggu, putri malu,bunga siti Mariam dan sebagainya.

Fasilitas yang sudah ada di objek wisata taman jembatan pedamaran I seperti danau buatan, kemudian perahu dayung, toilet, panggung hiburan. Semua fasilitas di taman wisata jembatan pedamaran I sudah dapat berfungsi dengan baik.

“Insya allah di tahun 2024 taman wisata jembatan pedamaran I ini di programkan melalui APBD, karena pada saat ini Detail Engineering Design (DED) sudah di susun dan termasuk item-item pekerjaan yang nantinya diprogramkan di tahun depan,” kata Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong melaui Kadis lingkungan Hidup, Suwandi, kamis (6/4).

BACA JUGA :   Bawaslu Mantapkan Persiapan Hadapi Sidang PHPU

Untuk pengembangan wisata taman Pedamaran I ini pihak berharap dukungan dari semua pihak agar proses pembangunan wisata taman berjalan lancar.

“Kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar program terealisasi dengan cepat dan semua falitas di taman wisata jembatan pedamaran I ini dapat disediakan sehingga pada akhirnya bisa menarik minat wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kabupaten rokan hilir karena taman witasata ini letaknya di lokasi yang strategis berada di bawah jembatan pedamaran I yang merupakan icon kabupaten Rokan hilir,” harapnya.

Juga di harapkan pemerintah kabupaten Rokan Hilir, keberadaan wisata taman tidak hanya sebagai destinasi wisata untuk warga berkunjung tapi juga dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau (RTH), guna mempertahankan kelestarian lingkungan.

“Saat ini di wisata taman Pedamaran telah dilakukan kegiatan penanaman pohon, dan berbagai jenis bunga untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan asri,” kata Suwandi.

Dijelaskan, Wisata taman jembatan Pedamaran sekaligus dijadikan ruang terbuka hijau yang saat ini sedang ditata kembali setelah sekian lama tidak dirawat.

Pihaknya optimis dengan berbagai penataan yang dilakukan nantinya, ke depan akan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dan menjadi pilihan bagi masyarakat Rohil maupun masyarakat dari luar kabupaten yang datang berkunjung ke kota Bagansiapiapi.

BACA JUGA :   Koalisi Masyarakat Sipil Nilai MK Jadi Basis Nepotisme dan Dinasti Politik

“Untuk mewujudkan objek wisata taman ini, kami telah melakukan pembenahan seperti penanaman pohon, renovasi dan penataan kembali keberadaan danau buatan yang akan dijadikan wahana wisata seperti pemancingan ikan dan perahu dayung. 10.000 bibit ikan sudah ditaburkan langsung oleh bapak Afrizal Sintong bupati dan bapak Sulaiman wakil bupati belum lama ini,” kata Suwandi.

Dalam suasana bulan suci ramadhan 1444 H, Namun tidak menyurutkan tekat Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Suwandi,S.Sos dalam upaya pengelolaan wisata taman Pedamaran I tersebut. Ditemani oleh staf dan pengawas taman, Suwandi berkeliling ke lokasi wisata taman untuk mengchek langsung sejauhmana penataan taman yang dilakukan oleh pengawas dan petugas taman.

“Apalagi tidak lama lagi umat islam merayakan hari raya idul fitri , tentunya nanti banyak masyarakat yang akan berkunjung di objek wisata yang ada dikecamatan bangko termasuk taman wisata jembatan pedamaran I. Untuk mengahadapi lonjakan pengunjung diperlukan persiapan yang matang,” pungkasnya. Red/Jun

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!