Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Selatan Bali, Getarannya Terasa Hingga NTB

Putraindonews.com – Denpasar | Gempa bumi bermagnitudo 5,2 mengguncang selatan Bali, yang getarannya terasa sampai di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episentrum gempa berjarak sekitar 93 kilometer dari Kuta Selatan.

“Titik gempa berjarak 93 kilometer barat daya Kuta Selatan,” demikian bunyi keterangan BMKG, Senin (10/4).

BMKG juga memberikan informasi bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA :   AKBP Siswantoro Kunjungi Gadis Penderita Sakit Jantung Yang Temukan Balon Udara HUT Bhayangkara Ke-77 Polres Sampang

Gempa terjadi pukul 08.37 WITA dengan episentrum berada di titik koordinat 9,63 Lintang Selatan (LS) dan 115,12 Bujur Timur (BJ) dengan kedalaman 10 kilometer.

BMKG mencatat getaran gempa tak hanya terekam di kawasan Kabupaten Badung, Bali, tapi juga hingga Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

Berdasarkan catatan BMKG, getaran yang dihitung dengan skala Mercalli (MMI) III yakni getaran dirasakan nyata di dalam rumah, seperti ada truk yang melintas terasa di Kuta, Kabupaten Badung, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, NTB.

BACA JUGA :   KADO DANREM 143/HO DI HPN 2021, Wartawan Bebas Nikmati Seluruh Sarana Olahraga Makorem

Sedangkan skala MMI II-III yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, berdasarkan data BMKG, terasa di Karangasem, Bali, Sumbawa Barat, NTB dan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik setelah terjadi gempa magnitudo 5,2 tersebut. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!