Sosok Didimus Buma, Perintis Kelompok Tani Makmur di Desa Tema Tana

Putraindonews.com – NTT | Geliat anak muda sebagai penggerak kemajuan di sektor pertanian kini mulai terasa di Kabupaten Sumba Barat.

Kini hadir Didimus Buma sosok inspiratif yang terus bekerja keras. Banyaknya lahan tidur yang terbentang luas membuat sosok Didimus tergerak untuk menjadikan lahan produktif.

Bermodal lahan yang dipinjam Ia berhasil menanam Komiditas Hortikultura di Wee Tanaya, Desa Tema Tana, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Untuk memulainya, Didi harus mengeluarkan dana secara mandiri tanpa bantuan dari pihak manapun.

Beranggotakan 21 orang, lahan seluas 1 Hektar ini pada akhirnya terbentuk menjadi kelompok yang dinamai Kelompok Tani Makmur pada tahun 2022.

Ditemui di lahannya, lulusan Sarjana Matematika itu mulai bercerita awal dirinya bisa mengarungi jalan terjal di bidang Pertanian.

“Awalnya saya melihat lahan kosong yang dikerjakan sama sekali selama belasan tahun, jadi karena saya juga hobi bertani dan melihat peluang pasar saya meminjam kepada tuan lahan untuk saya kelola karena bagi saya ini sangat menjanjikan,” urai Didi Senin (9/10/23) siang.

BACA JUGA :   100 FINALIS FoodStartup Indonesia MMXX

Sampai saat ini Didi sudah menanam Cabe sebanyak seribu lebih pohon, Tomat sebanyak 2 ribu lebih pohon, Brokoli, Pitsay dan juga Kol sebanyak 200 lebih pohon.

“Sebenarnya kita bisa hasilkan sendiri hasil pangan, karena faktor malas jadi kita terpaksa datangkan dari luar Sumba, ini yang memotivasi saya untuk bergerak, jadi pangsa pasarnya di sekitar Waibangga, Waikabubak dan sesekali di Waitabula,” terangnya.

Didi mengaku dari Komoditas Hortikultura cabe paling diminati dipasaran. Adapun harga cenderung Fluktuatif dikarena tergantung pada stok yang tersedia.

BACA JUGA :   Almarhum Eril Hari Ini Wisuda, Ridwan Kamil: Saya Akan Ambil Ijazahnya

Terlepas sudah berjalan, Didi juga dihadapkan beberapa kendala seperti Alsintan. Terpaksa Ia harus menyewa Alsintan milik orang lain. Itupun tak mengurungkan niatnya Ia tetap teguh bahwa perjuangannya kelak membuahkan hasil.

Didimus Buma bersama tim putraindonews.com

Kerja keras Didi ternyata menyentuh perhatian pemerintah, alhasil Didi mendapatkan bantuan Dinamo, Tandon, Benih dan Pupuk.

Untuk mendorong pengembangan usaha Kelompok Tani Makmur ini, Didi berharap dukungan dari pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas terkait.

“Saya berharap bisa dapat dibantu Alsintan dan juga pengembangan sumber daya pengetahuan terkait pengelolaan komoditas Hortikultura, sekaligus dibantu jaringan pemasaran produk, dan paling penting keberpihakan anggaran pemerintah di bidang pertanian agar lebih masif lagi,” harap Didi.

Ditengah krisis pangan, kedepannya Ia juga akan kembangkan di tanaman pangan seperti jagung dan juga padi. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!