Groundbreaking Pusat Pariwisata PLTB Sidrap Menuju Wisata Terbaik

Putraindonews.com – Sidenreng Rappang | Hari ini, Senin (25/9/23) PT UPC Sidrap Bayu Energi (UPC) menyelenggarakan acara peletakan batu pertama (Groundbreaking) Pusat Pariwisata PLTB Sidrap; setelah sebelumnya sukses membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) pertama di Indonesia yang mulai beroperasi sejak April 2018 dengan kapasitas terpasang 75 MW berlokasi di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Komitmen UPC terhadap inovasi dan kemajuan berkelanjutan direalisasikan melalui menyelesaikan pembangunan Pusat Pariwisata PLTB Sidrap Tahap I pada bulan November 2020, dan dilanjutkan dengan pembangunan Tahap II yang telah selesai pekerjaan pembangunannya pada bulan Maret 2023.

Peletakan batu pertama yang dipimpin oleh Bupati Sidrap, H. Dollah Mando ini, merupakan kolaborasi yang diprakarsai oleh UPC, Pemkab Sidrap, PT. Berdikari United Livestock (BULS) dan masyarakat setempat yang tangguh.

Kemitraan ini bertujuan untuk menyatukan Proyek ini dengan kehidupan warga, memicu pariwisata di Desa Lainungan dan Mattirotasi yang indah pemandangannya serta sekaligus memperkuat kondisi perekonomian kedua desa tersebut.

BACA JUGA :   Saluran Drainase Terendap Lumpur, Bupati Desak Dinas PUPR Manggarai untuk Perbaikan

”Saya sepenuhnya mendukung dan berharap kemajuan pembangunan ini bisa dicapai dengan cepat. Upaya bersama kita bertujuan untuk menciptakan destinasi wisata yang mengagumkan serta mengangkat derajat Kabupaten Sidrap dan Sulawesi Selatan dalam bidang pariwisata. Selain mendorong pariwisata, inisiatif ini menjanjikan pemberdayaan masyarakat setempat, menciptakan peluang kerja, dan menumbuhkan ekonomi lokal,” ujar Bupati Sidrap, H. Dollah Mando.

Tujuan dari pengembangan pusat pariwisata ini adalah untuk mempromosikan Sidrap sebagai sebuah destinasi wisata baru ikonik yang harus dikunjungi.

Upaya ini nantinya akan memiliki integrasi harmonis dari 3 unsur utama yaitu pertumbuhan ekonomi, promosi budaya, dan juga pelestariaan lingkungan sekitar yang masih murni.

Pusat pariwisata PLTB Sidrap ini akan memiliki tujuan akhir yang sama dengan Kabupaten Sidrap.

BACA JUGA :   MENJELANG PON XX, PUPR Serahterimakan 4 Venue Ke Pemprov Papua

Pemerintah Kabupaten Sidrap akan menyatukan pusat pariwisata ini dengan rancangan umum pengembangan objek wisata daerah tersebut.

Harapannya, pengembangan inisiatif pariwisata ini tidak hanya meningkatkan daya tarik Sidrap namun juga memicu kesejahteraan daerah, dan pada akhirnya meningkatkan standar hidup masyarakat kita yang tercinta dan menggairahkan perekonomian.

Sebagai bagian dari komitmen teguh atas Proyek PLTB Sidrap 75 MW dan percepatan Proyek PLTB Sidrap Ekspansi, UPC akan terus mengembangkan program-program CSR yang memberikan nilai signifikan dan berbagai manfaat positif bagi masyarakat.

Dedikasi teguh ini sejalan harmonis dengan keseluruhan filosofi dan tujuan UPC dalam mendorong lingkungan yang lebih hijau dan bersih melalui penyediaan energi terbarukan sambil menanam benih-benih perubahan positif jangka panjang dalam masyarakat setempat. Red/HS

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!