Ketua DPR akan Hadiri Sidang Umum Forum Parlemen Dunia di Swiss, Isu Perdamaian Jadi Pembahasan

Putraindonews.com-Ketua DPR RI Puan Maharani akan menghadiri sidang umum Inter-Parliamentary Union (IPU) yang kali ini digelar di Jenewa, Swiss pada 23-27 Maret 2024. Sidang umum forum parlemen dunia ke-148 tersebut akan membahas tema besar mengenai perdamaian dunia dengan mengambil tema ‘Diplomasi Parlemen: Membangun Jembatan untuk Perdamaian dan Pemahaman’.

“Parlemen harus memperkuat upaya kolektif untuk memastikan bahwa setiap orang, terlepas dari latar belakang mereka, hidup dalam damai,” kata Puan dalam keterangan rilisnya pada Kamis (21/3/24).

BACA JUGA :   Mendikbudristek Harus Klarifikasi Pencabutan Wajib Pramuka di Sekolah

Tema perdamaian sendiri diambil IPU mengingat ada 56 negara yang mengalami konflik bersenjata pada tahun 2023, termasuk Rusia-Ukraina dan Israel-Palestina. Menurut Puan, Majelis IPU akan menyediakan ruang yang sangat dibutuhkan untuk dialog dan diplomasi parlemen di tingkat global, regional dan bilateral sebagai pelengkap PBB dan forum multilateral lainnya.

“Di masa yang penuh tantangan ini, anggota parlemen harus berperan dalam menciptakan perdamaian,” tegas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

BACA JUGA :   Legislator Desak Pemerintah Tinjau Kembali Kebijakan Pajak Peralatan Medis

Selain mengikuti general debate IPU ke-148, Puan juga akan menghadiri agenda Forum of Women Parliamentarians atau forum anggota parlemen perempuan IPU. Dalam forum ini, para anggota turut membahas isu perdamaian untuk perempuan.

“Sebagai parlemen, adalah tugas kita untuk memastikan bahwa perempuan ikut serta dalam perundingan perdamaian. Anggota parlemen perempuan harus bekerja sama untuk mendorong kepemimpinan perempuan dalam mencapai perdamaian yang kekal,” tandasnya.Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!