Pastikan Perlindungan Pekerja Migran, Komisi IX DPR Pertanyakan Program SPSK

Putraindonews-Jakarta | Komisi IX DPR RI mempertanyakan program SPSK (Sistem Penempatan Satu Kanal) yang dibentuk oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di negara-negara timur tengah dan Negara lainnya. Dimana aspek perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia harus dipastikan.

“Karena bagaimanapun ketika kita bicara tentang penempatan tenaga kerja di kawasan Timur Tengah, khususnya di Arab Saudi, pasti isu perlindungan menjadi isu yang utama,” ungkap Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menaker di ruang rapat Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/23).

Dilanjutkan Netty, selain isu perlindungan yang menjadi isu utama dalam pelaksanaan SPSK, yang tidak kalah pentingnya adalah jaminan atas pekerjaan di sektor informal di Negara tersebut. Sehingga ketika mereka kembali ke tanah air, bisa melanjutkan usaha tersebut di tanah air.

BACA JUGA :   Sarifuddin Suding: BNPT Hadirkan Situasi Kondusif di Momen Idulfitri 1445 Hijriah

Politisi Fraksi PKS ini mengaku di beberapa kesempatan selalu mengingatkan masyarakat bahwa pilihan bekerja di luar negeri harus menjadi pilihan emergency, darurat karena kalau istri meninggalkan suami ini bukan tanpa masalah, pasti akan ada pelanggaran moral. Karena ketika suami menerima penghasilan istri yang tengah berjauhan, akan beresiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk anak-anak yang terlantar. Hal tersebut merupakan potret keluarga migran.

“Yang juga sering menjadi pertanyaan pekerja Migran, bahwa mereka agak sulit kembali ke tanah air karena belum terbayang jenis kewirausahaan apa yang bisa mereka lakukan di tanah air. Nah disini dibutuhkan pendampingan oleh Kementerian ketenagakerjaan terhadap pekerja sektor informal agar ketika kembali ke tanah air bisa melanjutkan usahanya di tanah air. Sehingga tidak perlu berjauhan dengan suami dan keluarga,” pungkasnya.

BACA JUGA :   Pemkot Tangsel dan Komisi II DPR RI Bahas Kesiapan Pemilu 2024

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati mengakui bahwa bekerja di luar negeri terutama di Arab Saudi menjadi keinginan banyak pekerja Indonesia. Dengan kata lain banyak masyarakat yang berkeinginan bekerja di luar negeri terutama di Arab Saudi, setelah adanya program SPSK dari Kemenaker ini. Oleh karenanya Ia berharap agar program tersebut disosialisasikan lebih massif lagi ke seluruh masyarakat Indonesia.

“Nah, ini kalau bisa disosialisasikan juga bu menteri kepada masyarakat kita, karena banyak juga yang bertanya kepada kami peluang untuk bekerja di luar negeri terutama di Arab Saudi. Pasalnya, mereka sangat berminat, sehingga mungkin kedepan 2024 perlu ada sosialisasi yang lebih masif lagi tentang program tersebut,” pungkas Kurniasih. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!