Aksi Nyata Kodim 1613/Sumba Barat Cegah Penyebaran Wabah dan Terjadinya Banjir

Putraindonews.com – NTT | Dalam upaya mengantisipasi penyebaran wabah penyakit dan pencegahan terjadinya banjir, Kodim 1613/Sumba Barat lakukan kegiatan penting berupa pembersihan parit dan selokan di Kelurahan Kampung Sawah, Kelurahan Maliti dan Kelurahan Komerda serta penanaman pohon di Desa Sobarade Kecamatan Kota Waikabubak Kabupaten Sumba Barat, Jumat (8/12) pagi.

Dalam situasi yang terus berkembang di Kabupaten Sumba Barat, Dandim 1613/Sumba Barat menyadari pentingnya langkah-langkah preventif untuk menjaga kesehatan masyarakat serta meminimalisir risiko banjir.

Memulai kegiatan ini, Dandim Letkol Inf Yuliansa Fitra memimpin langsung kegiatan penanaman pohon, pembersihan parit dan pembersihan selokan di Pasar maupun di pemukiman warga.

Pembersihan sampah di Pasar lama Waikabubak dan pembersihan parit dan selokan di Kelurahan Kampung Sawah menjadi langkah awal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan serta mencegah terjadinya penyebaran penyakit dan banjir yang dapat mengancam keselamatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dalam kegiatan ini, warga masyarakat dan anggota Kodim 1613/Sumba Barat akan bergabung untuk membersihkan parit dan selokan, memastikan aliran air yang lancar, dan mengurangi risiko genangan yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan penyakit,” ujar Dandim Letkol Inf Yuliansa Fitra

BACA JUGA :   Doakan Awak KRI Nanggala-402 ,Korem 143/HO Gelar Sholat Ghaib Serentak

Selain itu, lanjutnya, Penanaman pohon di Desa Sobarade juga dilakukan dalam upaya memperkuat tata air, menjaga keseimbangan ekosistem, serta sebagai langkah pencegahan banjir.

“Penanaman pohon sejalan dengan upaya pelestarian lingkungan, dengan memilih spesies yang sesuai dengan kondisi wilayah. Pohon-pohon yang ditanam tidak hanya memberikan manfaat jangka panjang dalam pencegahan banjir, tetapi juga meningkatkan kesadaran lingkungan dan kualitas udara bagi masyarakat setempat,” terangnya.

Atas terlaksananya aksi sosial ini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sumba Barat, Antonius S.Kabba menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dandim 1613 Kabupaten Sumba Barat.

“Saya mengucapkan terimakasih Kepada Dandim 1613 Kabupaten Sumba Barat yang sudah memprakarsai Kegiatan ini, kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi Pemda Sumba Barat dalam penanggulangan bencana,” tandasnya.

“Harapan kami kepada masyarakat Desa Soba Rade kegiatan ini tidak dimaknai secara seremonial belaka, namun harus sadari bahwa kegiatan penanaman pohon ini menjadi ujung tombak dalam mengurangi resiko dampak bencana khususnya bencana banjir,” tambahnya lagi dengan penuh harap.

BACA JUGA :   WAKASAL Tinjau Vaksinasi Purnawirawan TNI AL

Apresiasi juga datang dari Bapak Rato Ama Lali (60) selaku tokoh adat Desa Sobarade mengatakan ucapan terimakasih kepada Bapak TNI Kodim 1613/Sumba Barat dan pemerintah daerah yang telah melaksanakan penanaman pohon di wilayahnya.

“Kami selaku masyarakat Desa Sobarade mengucapkan terimakasih kepada Bapak TNI dari Kodim 1613/Sumba Barat dan pemerintah apa yang dilakukan ini sangat bermanfaat bagi kami nantinya bisa untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor,” pungkasnya.

Kegiatan hari ini, penanaman pohon dan pembersihan parit dan selokan seperti yang di perintahkan oleh Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk menghadapi musim penghujan agar terhindar dari wabah penyakit.

Kegiatan Karya Bakti ini yang dilakukan Kodim 1613/Sumba Barat dan jajaran mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah serta berbagai pihak terkait lainnya yang menyadari pentingnya kerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Sumba Barat.

Adapun yang ditanam sebanyak 2000 bibit pohon dengan dua jenis yakni Kemiri dan Kedimbil. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!