Banjir Terjang Negeri Tetangga, Ribuan Warga Terpaksa Meninggal Rumah

***

Putraindonews.com – Jakarta | Banjir besar menerjang Malaysia hingga Kamis, 26 Januari 2023. Akibat banjir itu lebih dari 5.500 warga di Johor dan 6.500 di Sabah, Malaysia harus meninggalkan rumah mereka.

Banjir terjadi akibat monsun timur laut yang membawa hujan lebat terus menerus ke beberapa negara bagian.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (NADMA) Malaysia mencatat adanya 5.528 korban banjir di Johor dan 6.331 korban banjir di Sabah.

BACA JUGA :   KANTOR DINKES TANGSEL TERBAKAR

Jumlah ini meningkat dari 3.937 korban banjir di Johor yang tercatat 24 jam sebelumnya, sebagaimana dilaporkan Channel News Asia. Sabah sendiri telah menampung lebih dari 6.000 pengungsi banjir baru hanya dalam sehari.

Segamat adalah distrik yang paling terkena dampak di Johor, diikuti oleh Kluang dan Mersing, menurut komite penanggulangan bencana negara pada Rabu.

Sementara itu, Bernama melaporkan 55 pusat bantuan telah dibuka di Johor pada Kamis pukul 8 pagi hari untuk menampung para pengungsi banjir. Kabupaten yang mencatat lonjakan pengungsi mendadak pada Rabu antara lain Kota Marudu, Kudat dan Paitan.

BACA JUGA :   HADIRI DEKLARASI PERTIWI, Bamsoet ; Demokrasi Di Indonesia Telah Tumbuh Dan Berkembang Dengan Pesat

Departemen Meteorologi Malaysia (MetMalaysia) memperingatkan bahwa curah hujan diperkirakan akan berlangsung di beberapa bagian negara, termasuk negara bagian Kalimantan, hingga Senin pekan depan. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!