Dekranasda Bogor Raih Penghargaan Pembina Teladan UMKM

Putraindonews.com – Kota Bogor | Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor, Jawa Barat Yane Ardian kembali meraih penghargaan.

Adapun penghargaan yang diterima Dekranasda Bogor sebagai pembina teladan UMKM bidang kreatif yang berhasil mendorong ada maskot rusa Bogor (Rubo) untuk berbagai produksi kerajinan.

“Penghargaan ini jadi penyemangat kita untuk terus bisa berdampak besar pada kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku UMKM,” ungkap Yane Ardian di Kota Bogor, Minggu (9/7).

Yane telah menerima penghargaan juara 1 kategori pembina teladan tersebut yang diserahkan oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya dalam Karya Kreatif dan Pekan Kerajinan Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (8/7).

BACA JUGA :   Menko Polhukam Wiranto sepakati penguatan kerjasama dengan Rusia

Kegiatan ini untuk apresiasi atas dedikasi dan inovasi daerah terhadap pemberdayaan UMKM, khususnya kerajinan.

Salah satu inovasi terbaru adalah hadir maskot baru Kota Bogor bernama Rubo yang merupakan akronim dari Rusa Bogor. Rubo bukan sekedar ikon, tapi bertujuan untuk menggeliatkan ekonomi kreatif.

Dalam momen penghargaan tersebut, Rubo juga diperkenalkan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dan Yane Ardian di hadapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga membuka gerai yang menjual aksesoris dan kerajinan bertema Rubo.

BACA JUGA :   Neraca Perdagangan September 2018 Surplus 227 Juta Dollar AS

Yane menyatakan Rubo menjadi milik semua warga Kota Bogor dan boleh diproduksi oleh seluruh UMKM di Kota Bogor. Dekranasda terus melakukan pendampingan untuk para pelaku UMKM sehingga hasil karya yang menjadi kerajinan berkualitas.

Menurut dia, sudah banyak UMKM yang memproduksi kerajinan bernuansa Rubo, mulai dari aksesoris, pakaian, tas, sepatu, thumbler bambu hingga kue.

“Harapannya, maskot Rubo ini bisa menjadi ambassador Kota Bogor yang tentunya bisa berdampak terhadap kunjungan wisatawan dan gairah UMKM. Semoga juga bisa menginspirasi daerah lain untuk kolaborasi,” tandasnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!