Didukung KONI 34 Provinsi, NTT & NTB Tuan Rumah PON 2028 ‘Wakil Gubernur Usulkan Sertifikasi IOC’

***

Putraindonews.com – KupangĀ  | Pekan Olahraga Nasional (PON) harus ditetapkan 6 (enam) tahun sebelum waktu pelaksanaannya. Di samping itu, syarat lain yang harus dipenuhi oleh provinsi penyelenggaraan di antaranya venue pertandingan, fasilitas akomodasi, pelayanan transportasi, dan yang terpenting mendapat dukungan baik dari gubernur, wali kota, bupati, serta anggota DPRD. Persetujuan dari DPRD sangat penting karena nanti berkaitan dengan anggaran.

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) ditetapkan sebagai tuan rumah PON XXII tahun 2028, dengan dukungan penuh KONI dari 34 Provinsi. Penetapan NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII 2028 diputuskan dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa KONI pada Selasa, 13 September 2022 di Hotel Sultan, Jakarta.

BACA JUGA :   Workshop Universitas Borobudur Bahas Pencapaian Akreditasi Unggul Perguruan Tinggi

Ketua KONI Provinsi NTT, Josef Nae Soi dalam sesi konferensi pers bersama awak media pada Jumat siang, 16 September 2022 di lantai kantor Gubernur NTT mengungkapkan bahwa NTT dan NTB telah ditetapkan sebagai tuan rumah PON XXII.

ā€œPuji Tuhan, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat telah ditetapkan sebagai tuan rumah PON XXII 2028. Saya dan bapak gubernur mengucapkan terima kasih atas doa dari masyarakat NTT dan partisipasi dari teman-teman media,ā€ ujar Josef Nae Soi.

Josef Nae Soi juga menjabat sebagai Wakil Gubernur NTT ini pun menyampaikan bahwa semua venue atau lokasi perhelatan PON harus diverifikasi dan disertifikasi oleh International Olimpic Committee (IOC). ā€œJika tak diverifikasi, kalau ada rekor dunia, maka rekor dunia tersebut tak akan diakui,ā€ ungkapnya.
Selain itu, tekan Josef Nae Soi, kita juga harus menyiapkan atlet-atlet NTT dapat bertanding dan dapat meningkatkan peringkat dari peringkat sebelumnya pada PON XXI.

BACA JUGA :   Kades Tebara Serahkan Donasi Buku Pelajaran ke Pengurus Perpustakaan Kampung Prai Ijing

Lokasi Pembukaan PON XXII

Josef Nae Soi pun memastikan lokasi pembukaan PON bakal dilaksanakan di NTT. ā€œPembukaan PON dipastikan berlokasi di NTT,ā€ ungkap Wagub Nae Soi bahwa telah disepakati bersama dan lokasi penutupan bakal dihelat di NTB.

Selain itu, tandas Josef Nae Soi, cabang olahraga Kempo diharapkan dapat mendulang emas. Dan akan dipertandingkan di Sea Games. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!