DPPK Kulon Progo Cetak Sawah Baru di Kedungsari dan Kaliagung

Putraindonews.com – Kulon Progo | Untuk menjaga ketahanan pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencetak sawah baru di Kedungsari dan Kaliagung seluas 11 hektare.

Ketua Tim Kerja Seksi Produksi Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Kirmi mengatakan berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, perkembangan cetak sawah baru di Kelompok Tani Kedungsogo Desa/Kalurahan Kedungsari seluas empat hektare dan Kelompok Tani Harapan Makmur di Kaliagung seluas tujuh hektare sudah mencapai 55 persen.

BACA JUGA :   CEGAH COVID-19 Dengan Disiplin dan Gotong Royong

“Semoga program cetak sawah baru di Kedungsari dan Kaliagung segera selesai dan ditanami pada musim hujan Oktober 2023 nanti,” kata Kirmi, Selasa (25/7).

Ia mengatakan Kelompok Tani Kedungsogo Desa/Kalurahan Kedungsari dan Kelompok Tani Harapan Makmur di Kaliagung merupakan kelompok tani penerima manfaat hibah dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui APBD Dinas Pertanian dan Pangan Tahun 2023.

Anggaran untuk cetak sawah baru pada 2023 ini seluas 35 hektare senilai Rp525 juta atau Rp15 jura per hektare.

BACA JUGA :   Menko Polhukam Mahfud MD ; Pemerintah Berkomitmen Lindungi Pembela HAM

Kegiatan cetak sawah tersebut dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok tani, sehingga bantuan hibah berupa uang langsung transfer ke rekening kelompok tani.

Transfer telah dilaksanakan minggu ke 3 bulan Juni 2023, dan sembilan kelompok tani telah mengambil dana untuk melaksanakan kegiatan di kelompok masing-masing.

Dari hasil monitoring diketahui bahwa untuk Kelompok Tani Kedungsogo dengan target empat hektare, pekerjaan fisik sudah mencapai 55 persen, penggunaan alat berat sudah selesai. Red/MTB

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!