IMO Sumsel Gelar Rapat Koordinasi

 

PUTRAINDONEWS.COM

Palembang, Sumatera Selatan | Rapat koordinasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Media Online (IMO) Indonesia Sumatera Selatan digelar di Kantor DPW Sumsel Jalan Azhari no. 760 rt. 21 Kelurahan 5 ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang, 17 Maret 2018.

Rapat Koordinasi tersebut membahas tentang pelantikan pengurus DPW IMO Indonesia Sumsel yang dihadiri ketua DPW Abi Samran SH dari media publikzone.com, Sekretaris M.Adeka Febriansyah dari tabloidnpp.com, Bendahara Hidayatillah dari Prabuexspres.com, serta dihadiri juga pengurus dan anggota DPW IMO Indonesia Sumsel lainnya.

Dalam kata sambutannya ketua DPW IMO Indonesia Sumsel menerangkan “IMO Indonesia adalah Organisasi usaha yang pengurus serta anggotanya adalah pemilik atau pimpinan media online, tujuan kita adalah menekan beredarnya berita Hoak, sebagaimana kita ketahui, hoak adalah musuh kita bersama, kita harus menjaga marwah Pers, jangan sampai citra media online yang berbadan hukum pers dinodai oleh berita- berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab”, paparnya.

Abi Samran melanjutkan, sebagai mana kita ketahui penyebar hoak biasanya bukan dari kalangan media propesional seperti media kita yang sudah memenuhi standar UU Pers Nomor 40 tahun 1999.

Setelah mendengar kata sambutan dari ketu DPW, acara dilanjutkan dengan membahas waktu pelantikan, tempat pelantikan dan membahas tamu-tamu yang akan di undang, serta konsep acara pelantikan dan dilanjutkan doa penutupan.

Kepada awak media, Sekretaris DPW M. Adeka Febriansyah mengatakan, kedepan DPW IMO Indonesia Sumsel akan menjalin sinergitas dengan instansi-instansi Pemerintah, TNI, Polri dan pihak-pihak terkait lainnya untuk pengembangan organisasi, dan untuk berita hoax jika kita temukan ada unsur pelanggaran uu ITE kemungkinan kita yang akan laporkan ke pihak terkait, jelasnya.

M. Adeka memambahkan bahwa IMO Indonesia khususnya DPW Sumsel akan terus melakukan pembinaan- pembinaan kepada media-media anggota, sebagai pelaku usaha, tentu kita harus menjaga profesionalitas serta citra usaha kita, dalam hal ini adalah media online, dengan cara menyajikan berita-berita yang akurat, nara sumber yang kredibel, azas hukum praduga tak bersalah, serta keberimbangan berita sebagai safety disamping rumus 5 W+1 H, dengan citra yang baik tentu media mudah untuk menjalin kerjasama, dengan kerjasama media sudah pasti ada pemasukan dan otomatis wartawan bisa sejahtera, pungkasnya.

Ditambahkan Bendahara DPW IMO Indonesia Sumsel Hidayatillah, “selain itu, DPW juga akan melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, mengingat ini bulan yang suci, mari kita segera merapatkan barisan”, ucapnya.

Hidayatillah melanjutkan, begitu vitalnya peran media sebagai alat publikasi, maka ada beberapa aspek yang harus kita pertimbangkan, diantaranya perkembangan mental, perkembangan sosial serta perkembangan emosional baik pelaku peristiwa ataupun pembaca harus juga kita perhatikan, karena media sebagaimana kita ketahui dapat membentuk opini publik, maka dari itu sebagai insan media kita harus berjalan sesuai dengan undang – undang dan ketentuan hukum yang berlaku di negara kita, bukan hanya itu Sumber Daya Manusia (SDM) dan terpenting adalah Akhlak juga harus lebih kita utamakan, tutupnya.

 

BACA JUGA :   Bangkit di Era Pandemi, Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu Tunjukkan Tren Positif

( IMO Sumsel )

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!