Kapuas Hulu Kembali Diguncang Gempa

Putraindonews.com – Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat kembali diguncang gempa yang terjadi pada Senin (25/3), sekitar pukul 18.54 WIB dimana guncangan tersebut dirasakan warga yang bermukim di beberapa kecamatan daerah tersebut.

Berdasarkan informasi gempa di akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Informasi gempa bermagnitudo 4,3 pada 25 Maret 2024, terjadi pukul 18.54 WIB dengan lokasi 1,14 LU,113,00 BT (34 km di barat laut Kapuas Hulu) dengan kedalaman 10 kilometer.

“Kami masih lakukan koordinasi,” kata Kepala UPT BMKG Pangsuma Kapuas Hulu Ridwan Nugraha, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin malam.

BACA JUGA :   Dugaan Korupsi PT. Adhi Persada Realti, JAM PIDSUS Periksa Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok 

Dari pantauan di lapangan guncangan gempa tersebut bertepatan dengan berkumandangnya azan Isya, di Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan.

Guncangan gempa dirasakan oleh warga di beberapa kecamatan. Kondisi itu juga menyebar di media sosial, dengan sejumlah video yang menggambarkan warga berlarian keluar rumah.

Beberapa warga merasakan guncangan terjadi berkisar 5-10 detik, dan membuat warga panik.

Dari informasi yang diterima, guncangan gempa dirasakan di Kecamatan Putussibau Selatan, Mentebah, Putussibau Utara, Bika dan beberapa kecamatan lainnya.

BACA JUGA :   Ajang Pelatihan Asesor Kompetensi, LPJK Sebut 6 Lisensi LSBU

Untuk diketahui, guncangan gempa pernah terjadi pada Selasa (19/3) di Desa Jelemuk dan Desa Nanga Manday Kecamatan Bika.

Saat itu, guncangan terjadi kurang lebih tiga kali. Dimana guncangan pertama sekitar pukul 02.00 WIB, guncangan kedua sekitar pukul 20.00 WIB dan terjadi guncangan lagi sekitar pukul 21.00 WIB.

Atas peristiwa tersebut, BMKG mengimbau warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya gempa susulan. Red/JN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!