Long Weekend, Kualitas Udara Jakarta dan Tangsel Tak Sehat

Putraindonews.com – Selama satu pekan panjang ini kualitas udara di Jakarta dan Tangerang Selatan (Tangsel) dilaporkan dalam kondisi tak sehat pada siang ini.

Berdasarkan keterangan di situs IQAIR, kualitas udara di Jakarta dan Tangsel per pukul 10.40 WIB dilaporkan dalam kondisi ‘tidak sehat’. Kondisi yang sama dilaporkan terjadi di Kota Surabaya.

Berdasarkan situs iqair.com, indeks kualitas udara (air quality index/AQI) di Jakarta berada di poin 165. Sementara di Tangsel berada di poin 163.

“Tingkat polusi udara: Tidak sehat,” demikian keterangan di IQAIR.

BACA JUGA :   Gelar Uji Kompetensi, Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Kualitas Petugas Juru Ukur ASN

Polutan utama di Jakarta dan Tangsel saat ini merupakan PM 2,5. Untuk diketahui, PM 2,5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron (mikrometer).

Situs IQAir menyatakan konsentrasi polutan PM 2,5 di Jakarta, konsentrasi polutan PM 2,5 sebesar 83 µg/m³. Sementara di Tangsel mencapai 79,5 µg/m³.

Jumlah konsentrasi PM 2,5 di Jakarta 16,6 kali lipat di atas ambang panduan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Sedangkan di Tangsel sebesar 15,9 kali lipat dari ambang batas WHO.

BACA JUGA :   Jokowi Akui Kebijakan Tepat di Sektor Pertanian Butuh Dukungan Data Sensus yang Valid

Dalam kondisi ini, masyarakat diimbau menghindari aktivitas di luar ruangan. Dan apabila sedang berada di luar rumah, diimbau menggunakan masker.

Berikut 6 kota dengan urutan kondisi udara tidak sehat pada siang ini di Indonesia:
1. Jakarta 165 AQI US (Tidak Sehat)
2. Tangsel 163 AQI US (Tidak Sehat)
3. Kota Surabaya 151 AQI US (Tidak Sehat)
4. Pagak Jatim 129 AQI US (Tidak Sehat bagi Kelompok Sensitif)
5. Kota Bandung 94 AQI US (Sedang)
6. Kota Bogor 78 AQI US (Sedang)

Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!