Menkeu Sri Mulyani Dorong Partisipasi Perempuan dalam Ekonomi Digital dan Hijau

***

Putraindonews.com – Jakarta | Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendorong partisipasi perempuan dalam ekonomi digita dan hijau.

Hal itu diungkapkan dalam acara global bertajuk Empowering Women to Shape the Future of Jobs yang tayang di YouTube Bank Dunia.

“Tapi semua ini akan membutuhkan pengetahuan digital dan ini biasanya didukung oleh orang lain,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (21/2).

Sri Mulyani mengharapkan adanya kesetaraan gender di ekonomi digital dan hijau di mana perempuan dapat memperoleh akses, peran yang setara dan pekerjaan di dunia ekonomi tersebut.

BACA JUGA :   BANTU MASYARAKAT DENGAN RIBUAN SEMBAKO, Bupati Bogor Apresiasi Alumni AKABRI 89

“Bagaimana kita memastikan bahwa dalam tren baru ini dan dalam waktu dekat perempuan akan memiliki kesempatan yang sama, benar-benar dapat mewujudkan kesempatan ini untuk memainkan peran setara dalam pekerjaan sangat penting di masa depan seperti ekonomi digital dan hijau,” ujarnya.

Menkeu menuturkan terdapat sejumlah hambatan terberat bagi perempuan untuk dapat berpartisipasi dalam ekonomi digital dan hijau yang harus diatasi.

BACA JUGA :   Muhammad Ja'far Hasibuan Juara Dunia CSITF dan WIIPA di Cina Berharap Bisa Bertemu Presiden

Hambatan tersebut meliputi antara lain nilai keluarga, budaya, agama, peraturan, serta pandangan tentang perempuan yang dianggap kurang kompeten karena tidak mempunyai pendidikan di bidang ilmu teknologi dan matematika.

Oleh karena itu, Sri Mulyani mengatakan perlu mempromosikan lebih banyak perempuan dapat memenuhi syarat atau berpartisipasi tidak hanya dalam pendidikan dasar tetapi juga pendidikan tinggi termasuk di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!