OPERASIKAN GISTET IBT #1 KEMBANGAN, PLN HEMAT 3,7 M PERHARI

IMG-20180312-WA0051

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat meresmikan pengoperasian Interbus Transformator (IBT) #1 GISTET Kembangan 500/150 KV 500 MVA. Peresmian pengoperasian infrastruktur ini sebagai upaya untuk menjamin pasokan listrik Jakarta dan dalam rangka menghadapi ajang bergengsi bagi Indonesia, Asian Games 2018.

Dengan beroperasinya kembali IBT #1 GISTET Kembangan ini, PLN mampu melakukan penghematan BPP (Biaya Pokok Produksi) pembangkitan listrik dari sisi BBM sebesar 3,7 Miliar setiap harinya. IBT #1 GISTET Kembangan berlokasi di wilayah kerja PLN Transmisi Jawa Bagian Barat, Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Duri Kosambi. Pekerjaan IBT #1 GISTET Kembangan dimulai dengan tahapan desain di bulan Agustus dan konstruksi dimulai pada bulan September 2017, kemudian mulai beroperasi pada 10 Maret 2018 setelah dilakukan pengamatan selama dua hari maka hari ini dilakukan pembebanan atau Commercial Operation Date (COD).

Pengoperasian di tanggal 12 bulan 3 ini sesuai dengan komitmen PLN Regional Jawa Bagian Barat bahwa di tahun 2020 target SAIDI (Parameter untuk mengukur tingkat keandalan) adalah 12 menit per pelanggan ( durasi lama padam listrik) dan 3 kali gangguan per 100 kms di tegangan menengah setiap tahunnya. GISTET ini memiliki trafo dengan kapasitas sebesar 3 x 167 MVA (500 MVA). Trafo dan material utama lainnya sebagian besar menggunakan produk dalam negeri. Dengan beroperasinya GISTET Kembangan IBT #1 juga akan memperkuat sistem pasokan listrik ke wilayah DKI Jakarta dan Banten terutama pada Venue-venue Asian Games 2018 di Jakarta. Ujar Arustie Utami HUMAS PLN TJBB ( **)

BACA JUGA :   Kepuasan masyarakat capai 78,8 %, Polda NTT tempati peringkat Kedua Dimensi Pemeliharaan Kamtibmas sesuai Survei Charta Politika

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!