Paling Sengat Se-Indonesia, Ternyata Ini Penyebab Suhu Panas di Ciputat

Putraindonews.com – Jakarta | Kondisi suhu beberapa waktu belakangan ini di Indonesia terasa begitu menyengat. Namun, kondisi panas ternyata jauh lebih menyengat di daerah Ciputat.

Suhunya mencapai 37,2 derajat Celsius berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Ciputat, Tangerang Selatan mencatat suhu maksimum harian tertinggi pada dasarian II April, tepatnya pada tanggal 17 April 2023. Tertulis dalam penjelasan BMKG di akun instagram resminya seperti dikutip Minggu (23/4).

BACA JUGA :   GAPEKSINDO GELAR MUSDA KE-IV DPD BABEL, Bersama Membangun Kontruksi Yang Berintegritas

BMKG memberi penjelasan. Ada lima hal yang menjadi penyebabnya. Pertama, suhu panas di Indonesia adalah dinamika atmosfer yang tidak biasa. Lantaran sedang terjadi gelombang panas di wilayah Asia.

“Kedua, Suhu panas bulan April di Wilayah Asia selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari: lonjakan panas tahun 2023 terparah,” jelas BMKG.

Ketiga, tren pemanasan global dan perubahan iklim. Gelombang panas heatwave semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering. Keempat, dominasi monsun Australia. Indonesia mulai memasuki musim kemarau.

BACA JUGA :   Ultimatum 7x24 Jam, Jika Dana Tak Kembali Mpok Alpa Siap Buka Laporan ke Polisi

Terakhir, intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah. Ditambah kurangnya tutupan awan.

Khumarkali, sebuah kota di distrik Kursthia Bangladesh, menjadi daerah terpanas di muka bumi akhir-akhir ini. Suhu maksimum harian bisa mencapai 51 derajat celcius. Ini terjadi pada 17 April 2023. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!