Parang Sumba Jadi Salah Satu Souvenir KTT ASEAN

Putraindonews.com – Kupang | Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit sebentar lagi akan berlangsung selama 3 hari di Labuan Bajo, Provinsi NTT, yang digelar pada 09-11 Mei 2023.

Persiapan demi persiapan pun menjadi prioritas pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Daerah demi KTT ASEAN Summit berjalan dengan baik dan lancar.

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Labuan Bajo, pada Sabtu, 22 April 2023 malam.

Persiapan lain seperti Souvenir khas Nusa Tenggara Timur pun menjadi terdepan untuk diberikan kepada Kepala Negara ASEAN dan nantinya Souvenir tersebut dibawa pulang ke Negara asal para tamu KTT ASEAN.

BACA JUGA :   TINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN, PUPR Bangun Pipa Transmisi Sepanjang 49 Km Untuk Penyediaan Air Baku Merauke

Rumornya, Parang Sumba dari Pulau Sumba, ini akan menjadi salah satu souvenir untuk para Kepala Negara ASEAN yang hadir di Labuan Bajo.

Hal ini diungkap Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat kepada Wartawan di Labuan Bajo, Senin (1/5).

Ketua Dekranasda NTT mengatakan bahwa selain Parang Sumba, juga Keranjang Anyaman dari Kabupaten Nagekeo.

Demikian juga, kain tenun kata dia, diambilnya daerah Lembor, Manggarai Barat dan Ia pun menambahkan akan mengusahakannya dari setiap Kabupaten di Provinsi NTT.

BACA JUGA :   TRAGIS, MOBIL TERTIMPA TRUK  TANAH DI TANGERANG, 4 ORANG TEWAS 1 BALITA SELAMAT 

“Saya usahakan lintas Kabupaten di NTT ini produknya bisa dibawa. Salah satunya dari Mama-mama Manggarai Barat ada Sepeda Bambu,” katanya.

Julie Laiskodat berharap, Souvenir yang sudah dipersiapkan Dekranasda NTT agar nantinya dibawa pulang oleh Kepala Negara ASEAN ke Negara masing-masing.

Sepeda Bambu ini, kata Ketua Dekranasda NTT, Bambunya dari Flores dan semua Souvenir yang telah dipersiapkan untuk para Kepala Negara ASEAN diambil dari setiap Kabupaten di NTT. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!