Pemkot Surakarta Harap Penyitaan Benteng Vestenburg Tak Ganggu Kegiatan Kebudayaan Warga

Putraindonews.com – Solo | Pemerintah Kota Surakarta mengharapkan agar penyitaan Benteng Vastenburg Solo yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat tidak mengganggu kegiatan budaya masyarakat.

“Saya berharap nanti pemenang lelang masih memberikan akses untuk beraktivitas dan berkreasi di situ,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Windyandoko di Solo, Kamis (27/7).

Sebagaimana diketahui, benteng tersebut sering digunakan untuk menyelenggarakan berbagai macam acara, mulai dari budaya hingga festival. Sejumlah acara yang beberapa kali diselenggarakan di Benteng Vastenburg di antaranya Solo International Performing Arts (SIPA) dan konser musik.

BACA JUGA :   Pemkab Bekasi Terapkan Pemeratan Mutu Layanan BPJS

Meski demikian, dalam waktu dekat ini tidak ada acara dari Pemkot Surakarta yang diselenggarakan di benteng tersebut.

“Yang dari dinas nggak ada, nggak tahu yang dari luar. Sampai sekarang belum tahu tapi ada,” katanya.

Ia mengatakan rata-rata dalam satu bulan acara yang diselenggarakan di benteng tersebut bisa sampai belasan kali.

“Tahun 2023 ini kegiatannya cukup banyak, kalau satu bulan sebelas kali ada. Kalau bulan Agustus belum saya cek, terakhir ya festival kuliner itu,” katanya.

Terkait dengan acara yang diselenggarakan di benteng dalam waktu dekat, ia mengatakan pemiliknya perlu mengantongi izin dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Surakarta.

BACA JUGA :   Optimalisasi Kesehatan Masyarakat, Walikota Bandung Kunjungi Rangkaian Bulan Imunisasi Anak Nasional

“Untuk mengeluarkan izin dari sana perlu rekomendasi dari aset. Dari pimpinan kemudian pariwisata (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) tapi yang mengeluarkan izin-izin dari aset,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kejari Surakarta DB Susanto membenarkan kabar penyitaan tersebut. Ia mengatakan pemasangan papan dilakukan Rabu (26/7) sekitar pukul 11.00 WIB.

“Benar ada tim dari Kejaksaan Jakarta Pusat melakukan penyitaan di kawasan kami,” katanya. Red/MTB

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!