Pendamping Lokal Desa Kecamatan Galesong Harap Musdes Lahirkan Program Berkualitas

Putraindonews.com, Takalar – Pemerintah Desa Pattinoang, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, hari ini menggelar Musyawarah Desa (Musdes), di Aula Kantor Desa Pattinoang jum’at, (6/1/2017).

Kepala Desa Pattionang, Irwan Arif dalam sambutannya mengatakan bahwa perubahan desa kedepan penting dan mutlak harus dilakukan, fokus kegiatan desa ditahun 2017 ini adalah pembangunan bidang infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Irwan juga berharap peran serta dan dukungan masyarakat dalam mensukseskan setiap kegiatan pemerintah desa, masyarakat juga dituntut harus pro aktif mengawasi jalannya pemerintahan di desa.

BACA JUGA :   MILIKI JANGKAUN INFORMASI YANG LUAS DI BABEL, RSUD Soekarno Gandeng HPI Dalam Program Operasi Bibir Sumbing Gratis

Sementara itu Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Galesong, Muh. Yusuf mengatakan bahwa selama ini yang luput dari perhatian adalah kita selalu  memakai sudut pandang kita terhadap desa dan masyarakat, tanpa pernah menggali sudut pandang masyarakat desa itu sendiri terhadap desanya.

Yusuf menambahkan, untuk mengurai problematika desa tentunya kita harus banyak menggali informasi terkait desa dengan fakta yang bersumber dari desa itu sendiri.

BACA JUGA :   Dampak Gempa 7,6 SR di Papua

Caranya kita bisa melakukan focus grup discussion (FGD) di tiap Dusun untuk memperoleh informasi yang utuh terkait fakta sosial, ekonomi dan budaya masyarakat setempat, Kata dia.

Pemerintah Desa harus melakukan sinergi dengan program Daerah atau Kabupaten dan Nasional, serta memberikan ruang partisipasi yang luas bagi masyarakat desa untuk terlibat mulai sejak dilakukannya perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai pada monitoring dan evaluasi setiap kegiatan pembangunan di desa, tutupnya. (Abr)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!