SERDA HERYSA DJ PIMPIN RAKOR KSB  

 

Putraindonews.com, Muntok – Rapat Koordinasi Kampung Siaga Bencana (KSB)  dipimpin oleh Babinsa Kelurahan Tanjung Serda Herysa.Dj, Kamis (6 / 1 / 17) di Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Dalam mengatisipasi bencana alam yang mungkin terjadi dimasa datang, Babinsa Kel. Tanjung berinisiatif untuk mengumpulkan  anggota masyarakat yang tergabung dalam kelompok KSB (Kampung Siaga Bencana). Sebagaimana amanat undang undang no 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana tidak hanya dibebankan kepada pemerintah tetapi sangat dibutuhkan juga peran serta masyarakat dan lembaga serta badan usaha yang terintegrasi sesuai dengan standart operasional prosedur.

Pembentukan Kampung Siaga Bencana dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari resiko dan ancaman bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada pada lingkungan setempat.

BACA JUGA :   BPKH Salurkan 2.000 Hewan Kurban ke pelosok RI

Rakor kampung siaga bencana di kantor kelurahan Tanjung adalah untuk membentuk jaringan berkaiatan dengan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat, untuk mengorganisir potensi masyarakat agar terlatih dalam kesiapsiagaan penangulangan bencana dan memperkuat hubungan sosial antar anggota masyarakat.  Anggota yang tergabung dalam tim kampung siaga bencana harus selalu melaporkan keadaan lingkungannya apabila terjadi bencana alam kepada posko KSB yang berada di Kecamatan.

Mayor Inf M. Sahudi selaku Komandan Koramil 413-07/Muntok mengatakan bahwa Kampung Siaga Bencana sesuai dgn program Kementerian Sosial RI, pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana artinya kesiapsiagaan masyarakat menjadi pokok kegiatan kampung siaga bencana karena dengan kesiapsiagaan masyarakat dapat merencanakan suatu tindakan untuk mengurangi akibat suatu bencana.

BACA JUGA :   Diperiksa Kejagung 21 Hari, Jaksa di Jateng Diduga Meminta Sejumlah Uang Terkait Kasus Korupsi

Lanjutnya semoga kampung siaga bencana manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat yaitu diantaranya masyarakat menjadi terlatih dalam penangulangan bencana, masyarakat tahu tentang pengetahuan kebencanaan baik sebelum hingga sesudah bencana secara benar serta memandirikan masyarakat agar mampu merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan sendiri dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Babinkamtibmas kelurahan Tanjung Brigadir Polisi Aris dan anggota KSB kurang lebih 30 orang. (Na.Penrem045&Andriani)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!