PRESIDEN RESMI LANTIK AGUS GUMIWANG KARTASASMITA SEBAGAI MENTERI SOSIAL 

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Jumat 24/08, Presiden Joko Widodo resmi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial terbaru menggantikan Idrus Marham di Istana Merdeka Jakarta.

Alasan Idrus mengundurkan diri dari jabatan Mensos karena ingin fokus terkait kasus korupsi PLTU Riau-1 yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia juga mengaku sudah menerima surat penetapan sebagai tersangka dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (23/8).

Jokowi mengapresiasi sikap Idrus Marham yang bersedia melepaskan jabatannya untuk fokus pada masalah hukum di KPK.

“Saya menghargai keinginan Pak Idrus Marham untuk fokus pada permasalahan hukumnya di Komisi Pemberantasan Korupsi,” kata Jokowi dalam keterangan persnya.

Ia juga menambahkan posisi jabatan Menteri Sosial saat ini harus segera diisi karena Pemerintah tengah menghadapi tugas berat seperti penanganan pasca gempa Lombok.

“Pengisian jabatan Menteri Sosial ini perlu segera dilaksanakan, terutama karena ada hal yang sangat urgent, yaitu penanganan dampak bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat. Dan Pak Agus Gumiwang Kartasasmita tentu mampu mengemban tugas penting ini,” imbuhnya.

Agus Gumiwang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 148p Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial dalam Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019.

Dalam Kepres tersebut, telah memberhentikan Idrus Marham sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan 2014-2019 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian kebada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut.

Kedua, mengangkat Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019. Keputusan presiden itu mulai berlaku sejak saat pelantikan dan ditetapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Agustus 2018.

Hadir dalam pelantikan, di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPD Osman Sapta Odang, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung.

Usai pelantikan, Agus Gumiwang yang didampingi kedua orang tuanya, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas era Presiden Soeharto, Ginandjar Kartasasmita dan istrinya, menerima ucapan selamat dari Presiden beserta undangan lainnya. (**)

BACA JUGA :   Radhysti Siswi SDN 1 Pondok Benda Ikut Olimpiade IPA Tingkat Nasional Di Yogyakarta

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!