Hujan Deras Melanda Kabupaten Brebes, Tiga Desa Terendam Banjir

***

Putraindonews.com – Jakarta  | Bencana alam kembali melanda Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sungai Kluwut meluap akibat hujan deras yang melanda daerah tersebut. Sebanyak tiga desa ikut terendam banjir.

Kejadian itu dilaporkan langsung dari Pusdalops BNPB saat melaporkan peristiwa banjir di wilayah Kabupaten Brebes pada Minggu (8/1).

Disebutkan, peristiwa terjadi pascahujan deras melanda wilayah tersebut sehingga debit air Sungai Kluwut yang melimpas menuju Desa Kluwut di Kecamatan Bulakamba.

Dari hasil identifikasi, sebanyak 42 kepala keluarga/168 warga yang tinggal di desa tersebut terdampak. Banjir juga menyebabkan 42 unit rumah warga terendam dengan ketinggian muka air sekitar 30 hingga 100 centimeter.

BACA JUGA :   SAMPAIKAN KONDISI INDUSTRIAL, Apindo Ajukan Audiensi Ke Walikota Airin

BPBD Kabupaten Brebes langsung menuju ke lokasi untuk melakukan assesmen dan berkoordinasi untuk penanganan lebih lanjut, serta mengimbau kepada warga agar waspada saat beraktivitas mengingat cuaca tidak menentu.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Jawa Tengah pada Senin (9/1) dan Selasa (10/1), khususnya sore hingga malam hari.

BACA JUGA :   COVID-19 Terus Merebak, Ketua DPRD dan Gubernur Jabar Hadiri Peresmian RS Pandega

Menanggapi potensi bencana yang akan ditimbulkan akibat cuaca ekstrem, BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah serta seluruh unsur terkait yang berada di wilayah rawan bencana, untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Upaya yang dapat dilakukan antara lain memperhatikan informasi cuaca di wilayah masing-masing, jika hujan satu jam berturut-turut agar berhati-hati dan mencari tempat yang lebih aman. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!