Kerjasama Dengan PLAN Internasional, Pilih 35 Desa TP PKK Lakukan Monitoring & Supervisi

***

Putraindonews.com – Satarmese Utara | Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah metode pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan metode pemicuan.

TP PKK Kabupaten Manggarai yang bekerjasama dengan PLAN Intenasional memilih 35 Desa di Kabupaten Manggarai sebagai Desa “sample” untuk melakukan monitoring dan supervisi STBM Gesi dan berlangsung sejak 9 April 2022 sampai dengan 28 mei 2022.

Saat melaksanakan monitoring dan supervisi di Desa Todo pada Rabu, 27 April 2022, TP PKK Kabupaten bersama TP PKK Desa Todo bergerak dari rumah ke rumah untuk melakukan pemicuan.

Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai yang memimpin langsung pemicuan meminta kepada para Kader agar mengecek lima pilar STBM pada setiap rumah yang dikunjungi.

BACA JUGA :   Aksi Heroik Babinsa Koramil 0622 - 04 Cikidang Saat Kebakaran Di Kampung Ciangkrek

Adapun kelima pilar tersebut adalah sebagai berikut;
1. Stop buang air besar sembarangan;
2. Cuci tangan pakai sabun;
3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga;
4. Pengelolaan sampah rumah tangga;
5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Setelah menelusuri rumah warga dan lokasi Pasar Todo, Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur M. Nabit meminta kepada seluruh Kader TP PKK Desa Todo untuk mengedukasi warga tentang pilar ke 4 dan ke 5 dalam STBM.

“Todo sudah menjadi aset pariwisata, mari bersama-sama mengedukasi warga Kita soal Pengelolaan sampah rumah tangga dan Pengelolaan limbah cair rumah tangga”, ujar Meldyanti.

Menurut Ketua TP PKK tersebut, salah satu segmen daya tarik dari pariwisata adalah tentang pengelolaan sampah. Desa Todo telah menjadi ikon pariwisata budaya di Kabupaten Manggarai sehingga masalah sampah harus segera diselesaikan dengan segera.

BACA JUGA :   Sebanyak 33 Paket Narkotika Jenis Sabu Diamankan Satuan Reserse Polres Prabumulih Dari Tersangka

Selain memperhatikan STBM GESI di setiap rumah warga, Ketua TP PKK Kabupaten juga mengunjungi beberapa Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Difabel.

Dalam kunjungan ODGJ dan Difabel, Ketua TP PKK Kabupaten berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Todo untuk penganan lebih lanjut.

Untuk diketahui, selain pemicuan di Lapangan, TP PKK Kabupaten Manggarai juga memaparkan sejumlah materi lain, diantaranya:
1. Penguatan Kapasitas TP PKK Desa
2. STBM GESI
3. Literasi Berbasi Masyarakat Desa
4. Diffabel

Adapun diundang dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut, Camat, Kepala Desa, Perangkat Desa, PKK Desa, Tokoh masyarakat, Tenaga Kesehatan dan sejumlah tokoh adat. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!