Kolaborasi FOSAIT dan DPK Prov. Sulsel Adakan Tour Literasi Di Pulau Balang Lompo

***

Putraindonews.com – Jakarta | Mengusung semangat untuk meningkatkan dan menggiatkan literasi, Forum Sastra Indonesia Timur (FOSAIT) dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulawesi Selatan menggelar touring ke pulau Balang Lompo, 26 – 28 Agustus 2022

Forum Sastra Indonesia Timur (FOSAIT) selaku penggagas kegiatan tidak hanya berkolaborasi dengan DPK Provinsi Sulawesi Selatan saja namun juga dengan beberapa instansi pemerintah dan organisasi/komunitas sosial kemasyarakatan

Instalasi pemerintahan diantaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Balai Litbang Agama Kota Makassar, Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Badan Zakat Nasional.

BACA JUGA :   Cegah Penyebaran Covid-19, Sat Binmas Polres Batu Bara Gunakan Aplikasi Silacak Polres Batu Bara

Sementara organisasi sosial kemasyarakatan antara lain Yayasan Sulapa Eppae, Komunitas Arung Sejarah Budaya Sawerigading dan Komunitas Anak Pelangi (K-Apel)

Jumlah rombongan yang tergabung dalam tour literasi pulau ini diperkirakan sekitar kurang lebih 40 orang, 2 kali pemberangkatan dengan membawa buku-buku bacaan umum dan Al-Qur’an kurang lebih 300 eksemplar yang akan dibagi di beberapa sekolah, tempat ibadah (masjid, mushalla), dan di kalangan masyarakat umum.

Kegiatan ini ini bertema Tour Literasi Pulau, dengan tujuan Membangun Kreativitas Literasi Masyarakat Kepulauan. Dan diharapkan bisa membangkitkan literasi di pulau-pulau yang memang selama ini kurang tersentuh baik itu dari pemerintah maupun dari lembaga-lembaga swasta.

BACA JUGA :   COVID-19, Dindikbud Tangsel Himbau Sterilisasi Alat Belajar Jelang UN

Ketua Forum Sastra Indonesia Timur, Amir Jaya kepada media ini menyampaikan bahwa tour literasi pulau ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan oleh Forum Sastra Indonesia Timur yang melibatkan pihak pemerintah dan organisasi/komunitas masyarakat.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat meningkatkan literasi di pulau, dan harapan saya bukan cuma di Balang Lompo, tapi semua pulau-pulau yang ada di wilayah Sulawesi Selatan ” ungkap Amir Jaya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!