Terobosan FTUI, Buatkan Program i3 untuk Kembangkan Bisnis

Putraindonews.com – Depok | Terobosan baru kini dilahirkan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dengan merancang program khusus bernama Innovation Into Invention (i3) untuk para mahasiswa UI.

Melalui program ini, diharapkan mahasiswa, khususnya mahasiswa FTUI yang punya ide bisnis dan tertarik untuk mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah bisnis.

“UI sudah mengukuhkan diri sebagai Entrepreneurial University. Program i3 FTUI adalah perwujudan salah satu program unggulan prioritas FTUI, yaitu pengembangan entrepreneurship bagi mahasiswa,” kata Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah di Kampus UI Depok, Jumat (23/6).

Pihaknya menyebut, dengan program ini para peserta akan diberikan pelatihan secara intensif dari para mentor alumni FTUI yang telah mengembangkan dan menjalankan start-up sendiri atau memiliki pengalaman di area yang terkait dengan ide bisnis peserta.

BACA JUGA :   SUDAH SESUAI UU No. 23 Tahun 2014, Penunjukan Plh. Kepala Daerah Lumrah Terjadi

“Program inkubasi bisnis ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2022 di bawah unit Wirausaha dan Inovasi FTUI yang memang berfokus pada penguatan entrepreneurship keteknikan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat entrepreneurship di lingkungan FTUI,” ujarnya.

Pada tahun 2022, kegiatan i3 dilaksanakan secara hybrid dan berhasil menjaring 10 tim potensial. Untuk tahun 2023, pendaftaran program Innovation Into Invention (i3) FTUI mulai dibuka pada tanggal 29 Mei dan akan ditutup pada 29 Juni 2023.

BACA JUGA :   Pastikan 926 Anak Pekerja Tak Putus Sekolah, Wapres Serahkan Manfaat Beasiswa BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mendaftar program ini, masing-masing peserta diwajibkan untuk mengunggah proposal bisnis yang akan dikembangkan. Dengan adanya proposal bisnis ini, para peserta akan mendapatkan mentor yang sesuai dengan latar belakang bisnis yang akan dikembangkan.

Setelah masa pendaftaran, peserta terpilih akan diumumkan pada 30 Juni 2023.

Kemudian para peserta akan mendapatkan sesi pelatihan untuk mengembangkan bisnisnya hingga menjadi sebuah prototype. Pelatihan ini akan dilakukan sebanyak tiga kali, di setiap minggu mulai pada tanggal 8–22 Juli 2023.

“Dengan adanya program ini diharapkan para peserta dapat bertumbuh menjadi seorang entrepreneur yang terus mengembangkan inovasi,” demikian heri Hermansyah. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!