Total Penyaluran KUR di NTT hingga Mei 2023 Capai Rp935 Miliar

Putraindonews.com – Kupang | Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat jumlah penerima fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2023 di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mencapai Rp935 miliar yang tersebar di provinsi tersebut.

“Total penyaluran KUR yang kami catat sampai dengan Mei 2023 mencapai Rp935 miliar untuk 20.789 debitur,” kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTT Kemenkeu Catur Ariyanto Widodo, Minggu (2/7).

Dirinya menyampaikan hal itu berkaitan dengan progres penyaluran KUR oleh perbankan untuk mendukung usaha ekonomi masyarakat di NTT pada 2023.

BACA JUGA :   PERLU PENINGKATAN KAPABILITAS, UMKM di NTT Masih Individual dan Lemah

Catur menyebutkan, penyaluran KUR terbesar dilakukan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan total Rp444,71 miliar untuk 10.317 debitur.

Realisasi tingkat penyaluran KUR ini menempatkan NTT pada posisi 23 dari 34 provinsi secara nasional.

Ia menjelaskan, dibandingkan penyaluran KUR dalam periode Mei 2018-2023, capaian pada 2023 menunjukkan tren menurun baik dari jumlah debitur maupun total penyaluran.

BACA JUGA :   OJK KR6 Sulampua Fasilitasi Seminar Peluang Perdagangan Karbon

Hal ini disebabkan ketentuan alokasi KUR dari pemerintah disampaikan lebih lambat kepada pihak bank (diterima bulan Maret 2023) dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Catur menjelaskan, salah satu tantangan dalam penyaluran KUR yaitu pemerintah daerah dan lembaga penyalur belum optimal dalam memanfaatkan sistem informasi kredit program (SIKP) sebagai basis data tunggal calon debitur potensial penerima KUR. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!