Wakil Ketua MPR RI Berharap Pemilu Berlangsung Jurdil dan Luber

Putraindonews.com – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengapresiasi netralitas para penyelenggara Pemilu 2024, baik dari KPU, Bawaslu, serta aparat terkait lainnya harus mampu menciptakan agar pemilihan berjalan dengan jujur dan adil atau Jurdil, agar menghasilkan pemimpin bangsa yang sesuai pilihan rakyat.

“Dengan Profesionalisme para Penyelenggara pemilu, masyarakat bisa menyalurkan pilihan mereka secara langsung, umum, bebas, dan rahasia, sesuai hati nuraninya,” kata Rerie sapaan akrab politisi NasDem, dalam keterangan tertulis, Selasa (13/2/2024).

Rerie pun menekankan pentingnya perhatian kepada para pelaksana pemilu. Termasuk, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dalam melaksanakan tugasnya.

BACA JUGA :   Usut dan Lakukan Investigasi Terhadap LPEI Atas Dugaan Korupsi Rp2,5 Triliun

Seperti diketahui, KPU RI telah melantik secara serentak 5,74 juta anggota KPPS di 71 ribu lokasi pada Januari 2024. Seluruhnya bertugas di 820.161 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dan di luar negeri.

“Jutaan jumlah pelaksana pemilu itu harus benar-benar mendapat perhatian bersama dari sisi keamanan, kesehatan, dan kenyamanan dalam menjalankan tugasnya agar dapat menyelenggarakan pemilu secara jujur dan adil,” ujarnya lagi.

Karenanya, ia berharap tragedi pada penyelenggaraan pemilu lima tahun lalu yang menyebabkan meninggalnya 894 petugas KPPS dan tumbangnya 5.175 petugas KPPS karena kelelahan, tidak kembali terulang. Rerie mengingatkan agar sejumlah upaya antisipasi yang telah dipersiapkan, harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA :   Saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Habib Aboe Minta Bubuhan Banjar Jangan Golput di Pemilu 2024

“Kesiapan para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus dipastikan bersama agar para penyelenggara Pemilu 2024 secara serentak ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai yang diamanatkan undang-undang,” paparnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini berharap agar setiap anak bangsa dapat menjaga dan menjamin proses Pemilu 2024 berlangsung secara jujur dan adil.

“Sehingga, masyarakat dapat memilih calon pemimpin secara langsung, umum, bebas, dan rahasia demi mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dan makmur,” pungkasnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!