Sebanyak 23 Kegiatan Disiapkan Pemkab Lombok untuk Mendukung Kunjungan Wisata 2024

Putraindonews.com – Lombok Tengah | Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tengah menyiapkan 23 kegiatan untuk mendukung peningkatan kunjungan pariwisata pada 2024.

“Pemerintah daerah telah melaunching kalender event 2024 sebanyak 23 event baik budaya maupun internasional,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi di Praya, Rabu (3/1/2024).

Kalender kegiatan yang telah dilaunching di antaranya ritual Sangkep Warige (penentuan puncak Bau Nyale atau menangkap cacing laut) dan Pemilihan Putri Mandalika yang digelar di Januari 2024. Kemudian Bau Nyale (menangkap cacing laut) yang merupakan tradisi masyarakat sasak dan presean digelar Februari 2024.

BACA JUGA :   Kemenparekraf Harap Kawasan Parapuar Pikat Investasi

“Begawe Jelo Nyesek (menenun masal) di Desa Wisata Tenun Sukarara dan Festival Betulak Desa Lendang Are yang digelar Juni 2024, Kejuaraan Nasional Paralayang di Sirkuit Sky Lancing Desa Mekar Sari dan Festival Bekerase digelar Juli 2024,” katanya.

Kemudian festival merangkat Desa Wisata Bonjeruk, Festival perang timbung dan Festival Madek Mare (menangkap ikan di laut) digelar Agustus 2024.

Selain itu, ajang MotoGP Mandalika digelar pada September 2024, bulan budaya HUT Lombok Tengah, kejuaraan nasional grasstrack dan pengibaran bendera di Gunung Rinjani digelar Oktober.

BACA JUGA :   Terkait Perkembangan Virus Corona di Indonesia Terhadap Pariwisata, Begini Respons Menparekraf 

Kemudian jambore Desa Wisata, Malean Sapi Desa wisata Hijau Bilebante dan festival durian digelar Desember 2024.

“Ada 23 event yang terdiri dari 13 event berbasis desa wisata dan sisanya berbasis kabupaten dan nasional serta internasional,” katanya.

Ia mengatakan, puluhan kegiatan tersebut lebih dominan pada pelestarian budaya dan kearifan lokal masyarakat Lombok Tengah sehingga kegiatan pada 2024 tersebut didesain untuk mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Semoga kunjungan wisatawan di Lombok Tengah bisa memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!