AKBP Ayun Kuswanaji : Semoga Pelatihan Capacity Building Jadikan Polisi Lebih Profesional

***

putraindonews.com – Jakarta | Pelatihan Capacity Building yang di adakan di Jakarta ada dua gelombang. Saat ini adalah gelombang Pertama peserta perwakilan dari Polda Kalimantan Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Papua masing- masing mengirimkan perwakilan sebanyak 19 orang.

Berasal dari Kasubdit Kamtibmas Polda, Kasat Bimas Polres, perwakilan dari Kanit Polres, Kanit Polmas, Kanit Babinkamtibmas. Pelatihan di mulai dari tanggal 23 sampai seminggu.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk mempelajari bagaimana komunikasi yang lebih efektif dengan masyarakat, menganalisa masalah, mengenal masalah sehingga bisa mencari solusinya untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat khususnya di pedesaan,’ ujar AKBP Ayun Kuswanaji, AMD didampingi AKP Suharto selaku Kasat Binmas Polres Kubu Raya dan Iptu Zulkipli selaku Kanit Polmas Polresta Pontianak Kota, perwakilan dari Kalimantan Barat saat di temui reporter Rabu (23/03/2022).

BACA JUGA :   GERAKAN RECON KEMENDIKBUD, 31 Hari Tantangan #SiapAdaptasi

“Kami merasa bersyukur diberi kesempatan menjadi peserta pelatihan Capacity Building, semoga ilmu yang diberikan dapat kami praktekkan dilapangan, mudah- mudahan masyarakat dapat menerima kehadiran kami setelah dibekali ilmu masyarakat lebih kondusif.

Babinkamtibmas Kalbar 869 orang membekap 2031 desa, 99 kelurahan dan 174 kecamatan, tentu ini tugas berat. Untuk mengikuti perkembangan jaman kami memiliki aplikasi BOS ( Binmas online system) versi 2, untuk melaporkan kegiatan secara online melalui aplikasi digital yang terkoneksi dengan TV Polri.

“Aplikasi ini sangat membantu untuk memantau gejolak di masyarakat,” ungkap Ayun.

“Kami membantu sukseskan program pemerintah, dampingi posko PPKM, mengajak masyarakat untuk vaksin, sosialisasi masalah covid -19 dengan laksanakan 3T( Tracing, Testing dan Treatmet),” imbuhnya.

BACA JUGA :   Temukan Bukti Kerusakan Lingkungan, Gubernur Bengkulu Surati Dua Kementerian Sekaligus !

Semoga Babinkamtibmas lebih profesional karena dibekali ilmu interpersonal skill yaitu bagaimana cara menyampaikan pesan pada masyarakat, komunikasi yang efektif agar lebih nyambung.

Sehingga bisa menyelesaikan masalah terutama di desa. Di desa ada 3 pilar yaitu Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala desa, jika 3 pilar ini bersatu tindak pidana bisa diatasi dengan baik dan tindak kejahatan bisa dikurangi.

Untuk kedepannya bagaimana bisa mengoptimalisasi peran. Seperti penggunaan brosur, tatap muka dengan tokoh masyarakat,” tuturnya.

” Pesan kami untuk Babinkamtibmas Kalbar tetap semangat lakukan kegiatan karena ini untuk amal ibadah, karena kita ditakdirkan jadi Polisi ya ibadah kita disitu, lakukan tugas- tugas dengan baik sesuai arahan pimpinan,” tutupnya. Red/Lina

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!